Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Manfaaat dan Cara Budidaya Pisang Cavendish yang Tepat!

4 min read

Manfaaat dan Cara Budidaya Pisang Cavendish yang Tepat!

Budidaya Pisang Cavensdish – Pisang Cavendish, varietas pisang yang paling banyak diproduksi dan dikonsumsi di seluruh dunia, menjadi buah favorit karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Selain itu, pisang Cavendish juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara rinci mengenai manfaat, harga, dan cara budidaya pisang Cavendish yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang buah ini.

Mengenal Apa itu Pisang Cavendish?

Pisang Cavendish adalah salah satu varietas pisang yang paling umum dan populer di dunia.

Pisang Cavendish biasanya memiliki ukuran sedang hingga besar, kulitnya berwarna kuning cerah, dan dagingnya berwarna putih dengan biji kecil yang tidak terlalu terlihat.

Pisang ini biasanya memiliki rasa manis dan kaya nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin B6, potassium, dan serat.

Pisang Cavendish ditanam di banyak negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Selatan, Asia, dan Afrika.

Pisang Cavendish adalah salah satu varietas pisang yang paling banyak diimpor dan dikonsumsi di seluruh dunia.

Pisang ini juga sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam berbagai makanan dan minuman, seperti smoothie, kue, roti, dan makanan pencuci mulut.

Asal-usul dan Sejarah Pisang Cavendish

Asal-usul dan Sejarah Pisang Cavendish
souce image: gdm.id

Pisang Cavendish berasal dari Inggris dan dinamai sesuai dengan nama Sir Henry Cavendish, seorang ilmuwan terkemuka pada abad ke-18.

Namun, buah pisang sendiri berasal dari Asia Tenggara dan telah dibudidayakan selama ribuan tahun.

Pisang Cavendish pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke-20 sebagai alternatif varietas Gros Michel yang hampir punah karena serangan penyakit Panama.

Varian ini menjadi populer karena ukurannya yang kecil dan mudah dikirim ke seluruh dunia. Selain itu, pisang Cavendish tahan terhadap penyakit Panama yang menyerang varietas Gros Michel.

Sejak saat itu, pisang Cavendish menjadi varietas pisang yang paling banyak diproduksi dan dikonsumsi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Perkembangan teknologi dalam bidang transportasi dan distribusi juga memungkinkan buah pisang ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar dan toko-toko di seluruh dunia.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa varietas pisang Cavendish saat ini juga menghadapi ancaman penyakit yang serupa dengan penyakit Panama, seperti TR4 (Tropical Race 4) yang dapat menghancurkan seluruh kebun pisang dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, diperlukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ini agar produksi pisang Cavendish dapat terus berlanjut dan memenuhi permintaan pasar global.

Manfaat Pisang Cavendish

Manfaat Pisang Cavendish
source image: jagadtani.com

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang di dapat pada saat mengkonsumsi pisang Cavendish :

1. Sumber Nutrisi yang Baik

Pisang Cavendish mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin C, vitamin B6, potassium, dan serat.

Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi, sedangkan vitamin B6 membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

Potassium juga penting untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi otot, sedangkan serat membantu memperlancar sistem pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang Cavendish kaya akan potassium, yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

Konsumsi pisang Cavendish secara teratur juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Pisang Cavendish mengandung vitamin B6, yang penting untuk menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

Vitamin B6 juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pisang Cavendish mengandung serat, yang membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Serat juga dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar dan masalah pencernaan lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Pisang Cavendish mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV.

Vitamin C juga membantu memproduksi kolagen, yang membantu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Degeneratif

Pisang Cavendish mengandung senyawa polifenol, yang merupakan antioksidan yang kuat. Senyawa ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker, Alzheimer, dan Parkinson.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Pisang Cavendish mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, seperti potassium, magnesium, dan vitamin D. Konsumsi pisang Cavendish secara teratur dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Pisang Cavendish mengandung vitamin A, yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan yang baik.

Vitamin A juga dapat membantu mencegah kerusakan sel pada retina dan mengurangi risiko degenerasi makula.

Harga Pisang Cavendish

Harga pisang Cavendish dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan musim. Harga pisang juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti permintaan dan pasokan di pasar lokal dan global, biaya produksi, transportasi, dan penanganan, serta faktor-faktor lainnya.

Di Indonesia, harga pisang Cavendish biasanya berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 per kg tergantung pada kualitas dan lokasi.

Namun, harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Di pasar internasional, harga pisang Cavendish juga bervariasi tergantung pada negara asal, kualitas, dan musim.

Menurut data Global Trade Information Services, harga rata-rata pisang Cavendish impor ke Amerika Serikat pada tahun 2021 adalah sekitar 0,52 USD per pound (sekitar 11.000 – 12.000 rupiah per kg), sedangkan harga di pasar Eropa dapat mencapai sekitar 0,95 Euro per kg (sekitar 16.000 – 17.000 rupiah per kg) pada tahun 2020.

Cara Budidaya Pisang Cavendish

Berikut adalah langkah-langkah cara budidaya pisang Cavendish yang dapat kamu coba terapkan:

1. Persiapan Lahan

Pilih lahan yang memiliki tanah yang subur dan memiliki aerasi yang baik. Bersihkan lahan dari gulma dan benda-benda lain yang mengganggu.

Buatlah lubang tanam berukuran 60 x 60 x 60 cm dengan jarak antar lubang sekitar 2,5 meter.

2. Persiapan Benih

Pilih bibit pisang Cavendish yang berasal dari batang yang sehat dan bebas dari penyakit. Untuk mempercepat pertumbuhan bibit, bisa menggunakan bibit pisang Cavendish yang sudah berumur sekitar 5-6 bulan. Setelah itu, letakkan bibit pada media yang telah disiapkan.

3. Pemupukan

Sebelum menanam bibit, lakukan pemupukan terlebih dahulu pada lubang tanam. Gunakan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan jumlah yang cukup.

4. Penanaman

Setelah lubang tanam sudah siap, tanamlah bibit pisang Cavendish dengan kedalaman sekitar 15-20 cm. Pastikan bibit ditanam dengan posisi yang lurus dan jangan terlalu dalam.

Siram bibit dengan air secukupnya setelah ditanam.

5. Perawatan

Setelah bibit tumbuh menjadi tanaman yang kuat, berikan pupuk NPK secara teratur untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan tanaman.

Selain itu, pastikan tanaman tetap terjaga kelembapannya dengan melakukan penyiraman secara teratur. Serta jangan lupa untuk membuang gulma yang tumbuh di sekitar tanaman pisang Cavendish.

6. Penyulaman

Jika terdapat bibit yang tidak tumbuh, lakukan penyulaman untuk memaksimalkan jumlah bibit yang akan tumbuh.

Pilih bibit yang tumbuh secara alami di sekitar bibit yang tumbuh dengan baik dan lepaslah bibit tersebut dari tanah sekitarnya sebelum ditanam pada lubang yang kosong.

7. Perlindungan

Lindungi tanaman pisang Cavendish dari hama dan penyakit dengan menggunakan pestisida dan fungisida yang tepat.

Pilihlah pestisida dan fungisida yang ramah lingkungan agar tidak merusak lingkungan sekitar.

8. Panen

Pisang Cavendish biasanya siap dipanen setelah 9-12 bulan setelah penanaman, tergantung pada kondisi tanaman dan lingkungan.

Panen dapat dilakukan dengan memotong batang pisang yang sudah matang menggunakan alat pemotong yang tajam. Batang pisang kemudian dibawa ke tempat yang sudah disiapkan untuk diolah atau dijual.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk budidaya pisang Cavendish. Selamat mencoba!

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *