Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

9+ Jenis Ayam Kate Unik Beserta Cara Merawatnya

3 min read

mengenal 9+ Jenis Ayam Kate yang Cantik & Mempesona! Harganya WOW

Ayam kate merupakan salah satu jenis ayam hias yang sudah cukup populer dan banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun apakah kamu sudah tahu, jika ternyata ada banyak sekali jenis ayam kate di Indonesia hingga Mancanegara?

Di Indonesia sendiri sudah banyak peternak yang mencoba untuk membudidayakannya. Selain dipelihara untuk dimanfaatkan daging dan telurnya, ayam ini lebih sering dipelihara untuk dijadikan sebagai hobi ayam hias.

Jika kamu ingin mencoba memilihara dan beternak ayam kate, ada baiknya kamu mengetahui apa saja jenis-jenis ayam kate dan bagaimana sejarah singkatnya. Yuk simak pembahasan berikut hingga selesai!

Asal-usul & Sejarah Singkat Ayam Kate Indonesia

Asal-usul & Sejarah Singkat Ayam Kate Indonesia
source image: pexels.com

Ayam kate atau ayam katai, dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan Bantam Chicken merupakan ayam bertubuh mungil yang ternyata asli dari Indonesia.

Diperkirakan pada tahun 1700 an ayam ini ditemukan oleh sekelompok pedagang dari Eropa, tepatnya di wilayah pulau Jawa yang bernama Bantam. Sekarang lebih dikenal dengan Karasidenan Banten, atau Provinsi Banten.

Karena bentuknya yang mungil dan lucu, ayam kate akhirnya lebih dominan digunakan sebagai ayam hias, bukan ayam pedaging ataupun ayam petelur.

Selain itu, seiring dengan berjalannya waktu ayam ini sudah banyak mengalami perkawinan silang. Sehingga dengan begitu, ayam ini banyak memiliki ragam jenis.

Mengenal Jenis-jenis Ayam Kate di Indonesia & Mancanegara

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, terdapat banyak sekali ragam jenis ayam kate saat ini. Perbedaan yang mencolok dari setiap jenisnya yaitu terdapat pada postur tubuh, corak warna dan motif pada bulu.

Berikut sudah kami rangkumkan apa saja jenis-jenis ayam kate yang terbaik dan populer di kalangan para peternak dan penghobi ayam hias.

1. Ayam Kate Pictave

Mengenal Jenis-jenis Ayam Kate di Indonesia & Mancanegara
source image: pexels.com

Ayam kate pictave memiliki ciri khas berupa corak warna yang menyerupai dengan ayam jago di Indonesia pada umumnya. Yaitu warna bulu dominan hitam, merah ke oren-orenan, dan putih.

Memiliki postur tubuh seperti ayam kate pada umumnya, mungil dan lucu.

2. Ayam Kate Jepang

Mengenal Jenis-jenis Ayam Kate di Indonesia & Mancanegara

Sebagaimana namanya, ayam kate ini lebih dikenal berasal dari Negeri “Sakura” Jepang. Ayam ini memiliki corak warna berupa kuning keemasan dengan tambahan aksen berwarna putih, namun ada juga yang berwarna putih saja. Pada bagian jengger dan pialanya memiliki warna merah.

Banyak masyarakat menyebutkan jika warna dari ayam kate jepang termasuk yang paling bagus.

3. Ayam Kate Barbu dee Grubbe

Mengenal Jenis-jenis Ayam Kate di Indonesia & Mancanegara

Jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya, ayam kate Barbu dee Grubbe termasuk salah satu jenis ayam kate yang memiliki bentuk tubuh paling unik.

Hal ini dikarenakan ayam Barbu dee Grubbe memiliki postur tubuh yang tegap dan mungil, dan ia tidak memiliki ekor sama sekali.

Baca juga => Jenis Ayam Bangkok Terbaik untuk Dipelihara

4. Ayam Kate Jambul Mekar

Ayam Kate Jambul Mekar

Sebagaimana namanya, ayam kate ini memiliki keunikan berupa bentuk jambulnya yang mekar seperti kelopak bunga mawar.

Dari segi corak warna, dapat dikatakan jika ayam kate ini hampir menyerupai dengan ayam cemani yaitu didominasi dengan warna hitam.

Perbedaannya hanya terdapat pada bagian kulit tubuh, jika ayam cemani seluruhnya hitam maka ayam ini memiliki kulit tubuh berwarna putih kecoklatan.

5. Ayam Kate Batik

Mengenal Jenis-jenis Ayam Kate di Indonesia & Mancanegara

Seperti namanya, ayam kate ini diberi nama batik karena corak dan motif pada tubuhnya yang menyerupai batik.

Jika dilihat jenis ayam kate satu ini memiliki bulu yang sangat indah, sehingga membuat senang setiap orang yang melihatnya.

Namun, meskipun ayam ini memiliki sebutan batik ternyata ia berasal dari Negeri “The Three Lion” Inggris lhoh.

6. American Game Bantam

Ayam kate American Game Bantam

Ayam kate ras asli Amerika ini lebih banyak dibesarkan khusus untuk dijadikan sebagai jenis ayam petarung atau ayam aduan.

Namun meski begitu, tidak sedikit orang-orang yang memeliharanya untuk dijadikan sebagai hobi atau ayam hias. Ia juga memiliki varietas warna yang cukup banyak.

7. Belgian Bearded d’Anvers

ayam kate Belgian Bearded d'Anvers

Ayam Belgian Bearded d’Anvers termasuk salah satu jenis ayam ras asli Belgia. Ia memiliki cukup banyak sebutan diantaranya yaitu, Bearded d’Anvers BantamAntwerpse BaardkrielAntwerp Belgian, dan sebagainya.

Ia memiliki ciri khas berupa corak warna yang cantik, dan bulu pada bagian kepalanya yang unik.

8. Ayam Kate Serama

Ayam Kate Serama

Ayam kate serama atau biasa disebut dengan ayam sombong, memiliki postur tubuh yang unik yaitu berupa dada yang membusung. Ayam kate ini termasuk salah satu jenis ayam terkecil di dunia.

Untuk membeli dan mendapatkan ayam kate ini kamu tidak perlu bersusah payah, karena ayam satu ini sudah banyak tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain dipelihara, ayam ini juga bisa diikut sertakan dalam lomba atau kontes lhoh. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang mengadakan kontes khusus ayam kate serama ini.

9. Ayam Kate Simbar (Kate Berbulu)

Ayam Kate Simbar (Kate Berbulu)

Sudah dapat ditebak dari namanya, ayam ini memang memiliki ciri khas yang unik yaitu berupa bulu yang tumbuh sampai bagian kaki.

Ayam kate satu ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dan dijadikan sebagai ayam hias karena keunikannya tersebut.

10. Ayam Kate Burma

Ayam Kate Burma

Ayam kate burma atau Burma’s Chicken, adalah jenis ayam kate yang unik karena bulu lebatnya yang terdapat pada bagian kepala. Sehingga karena lebatnya, sampai-sampai mata pada ayam ini tidak dapat terlihat dengan jelas.

Adapun warna bulu ayam kate burma lebih dominan putih, sehingga kamu perlu untuk rutin memandikan dan membersihkannya agar tidak terlihat kumuh.

Harga Ayam Kate

Berapa harga ayam kate di Indonesia? Umumnya harga ayam kate di Indonesia sangat beragam, tergantung pada jenis ayam kate yang akan dibeli dan dipelihara.

Namun bagi kamu para pecinta ayam kate, jika ingin mendapatkan harga ayam kate yang relatif murah dan terjangkau, kami sarankan untuk membelinya pada saat masih anakan.

Karena harga ayam kate yang masih anakan akan jauh relatif lebih murah, jika dibandingkan dengan ayam kate yang sudah dewasa.

Selain itu kamu juga dapat mengenal lebih jauh mengenai karakter ayam tersebut, karena kamu sudah memeliharanya sejak kecil.

Adapun harga ayam kate yang ditawarkan dipasaran umumnya berkisar antara Rp. 350rb – Rp. 500rb untuk kate dewasa (tergantung jenis, dan besar kecilnya). Sementara untuk anakan berkisar Rp. 100rb – 250rb per ekor (tergantung jenis).

Pakan Ayam Kate

Untuk menghasilkan ayam kate yang baik, sehat, dan cantik tentu kamu perlu memperhatikan jenis pakan, nutrisi, dan vitamin yang dikonsumsi oleh ayam kate tersebut.

Umumnya pakan yang bagus untuk ayam kate adalah biji-bijian, seperti beras merah, biji jagung yang sudah dihaluskan, ataupun pakan berupa voor yang sudah dicampur dengan nasi.

Sehingga dengan memberikan pakan yang baik, vitamin dan suplemen yang teratur, kesehatan pada ayam kate akan selalu terjaga dan dapat terhindar dari segala bentuk virus.

Sekian

Itulah pembahasan singkat mengenai jenis-jenis ayam kate beserta sejarah dan jenis pakan yang baik untuk perawatan ayam kate.

Semoga dengan pembahasan berikut dapat membantu dan memudahkan kamu dalam memilih dan merawat ayam kate dengan baik.

Jangan pernah ragu dan malu untuk memulai. Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan dan didiskusikan bisa langsung tulis di kolom komentar ya. Good Luck!

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *