Mia Suci Izzaturohma Menulis untuk kebaikan, kebermanfaatan, dan keabadian. #LetsGrowTogether

Tips Sukses Menanam dan Merawat Mangga Apel dalam Pot

3 min read

Tips Sukses Menanam dan Merawat Mangga Apel dalam Pot

Menanam dan merawat mangga apel dalam pot adalah pilihan yang menarik untuk para pecinta tanaman yang memiliki ruang terbatas.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan praktis untuk membantu Anda sukses menanam dan merawat mangga apel dalam pot.

Dari memilih varietas yang tepat hingga memberikan perawatan yang diperlukan, Anda akan mendapatkan wawasan yang diperlukan untuk menghasilkan pohon mangga apel yang sehat dan berbuah lezat.

Siapkan diri Anda untuk petualangan menarik dalam bercocok tanam di ruang terbatas yang menghasilkan buah manis yang memanjakan lidah Anda.

Mengenal Apa itu Mangga Apel?

Mengenal Apa itu Mangga Apel?
source image: happyfresh.id

Mangga Apel merupakan salah satu jenis mangga unggulan yang ada di Indonesia. Mangga dengan jenis ini memiliki kriteria yang khas dengan bentuk buah yang bulat seperti buah apel.

Mangga apel merupakan salah satu jenis mangga genjah atau rajin berbuah. Umumnya buah akan muncul setelah berumur 2 tahun pasca okulasi.

Mangga apel terdiri dari dua tipe yaitu mangga apel hijau dan mangga apel merah.

Seperti namanya, mangga apel hijau memiliki kulit buah berwarna hijau saat muda dan akan berubah menjadi kuning saat sudah matang. Daging buah berwarna oranye dengan tekstur yang halus.

Baca Juga: Cara Budidaya Mangga Harum Manis yang Tepat Agar Hasil Maksimal!

Rasa mangga apel hijau manis-asam. Mangga apel merah memiliki kulit buah berwarna merah kekuningan dan lebih tipis dibandingkan mangga apel hijau.

Rasa daging buah mangga apel merah lebih manis dan lebih beraroma dibandingkan mangga apel hijau.

Mangga apel adalah mangga yang cocok untuk ditanam sebagai tanaman buah dalam pot (tambulampot).

Cara Menanam Mangga Apel dalam Pot

Cara Menanam Mangga Apel dalam Pot
source image: superindo.co.id

Menanam Mangga Apel (Mangifera indica) dalam pot bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki keterbatasan lahan atau ingin tumbuhan ini tumbuh dalam lingkungan yang lebih terkontrol.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menanam mangga apel dalam pot:

1. Pemilihan Pot

Pilih pot yang cukup besar dengan lubang drainase di bagian bawahnya. Ukuran ideal pot adalah minimal 50-60 cm dalam diameter dan 50-60 cm dalam kedalaman.

Pastikan pot memiliki lubang drainase agar air berlebih dapat mengalir keluar dan mencegah akar membusuk.

2. Pemilihan Media Tanam

Gunakan campuran media tanam yang baik dan berkualitas. Anda dapat mencampurkan tanah taman dengan kompos atau pupuk kandang yang matang untuk meningkatkan kualitas tanah. Pastikan media tanam memiliki drainase yang baik dan mampu menyimpan cukup air.

3. Penanaman Bibit

Pilih bibit mangga apel yang sehat dengan akar yang baik. Tanam bibit di tengah pot dan tambahkan media tanam hingga setinggi akar bibit. Pastikan akar bibit tidak terlipat atau terjepit.

4. Penyiraman

Siram tanaman dengan cukup tetapi jangan berlebihan. Pastikan tanah tetap lembab, tetapi tidak tergenang air. Selalu periksa kelembaban tanah sebelum melakukan penyiraman lebih lanjut.

5. Pencahayaan

Mangga Apel membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Tempatkan pot di lokasi yang mendapatkan sinar matahari langsung setidaknya 6-8 jam sehari.

Jika memungkinkan, anda juga dapat memindahkan pot ke luar saat cuaca baik.

6. Pemupukan

Pemupukan secara teratur diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat. Gunakan pupuk yang diformulasikan khusus untuk tanaman buah atau pupuk organik.

Pupuk tanaman sesuai petunjuk pada label, dan hindari memberi pupuk berlebihan.

7. Pemangkasan

Lakukan pemangkasan secara teratur untuk membentuk pertumbuhan tanaman yang baik.

Potong cabang-cabang yang lemah atau tumbuh dalam, serta tunas-tunas yang tidak diinginkan. Ini akan membantu tanaman fokus pada pertumbuhan yang lebih kuat.

8. Perlindungan

Jika cuaca ekstrem atau serangan hama terjadi, pastikan Anda melindungi tanaman dengan cara yang sesuai. Anda dapat menggunakan penutup kain atau pestisida organik jika diperlukan.

9. Pemindahan Pot

Setiap beberapa tahun, Anda mungkin perlu memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar karena pertumbuhannya. Proses ini dikenal sebagai pemindahan atau penggantian pot.

Dengan merawat dan merencanakan dengan baik, Anda bisa menikmati pertumbuhan mangga apel yang sehat dan bahkan bisa memetik buah dari pohon dalam pot Anda.

Ingatlah bahwa pertumbuhan mangga dalam pot akan lebih terbatas dibandingkan dengan tanaman yang ditanam di tanah terbuka, tetapi dengan perawatan yang tepat, Anda masih bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara Merawat Tanaman Mangga Apel dalam Pot

Cara Merawat Tanaman Mangga Apel dalam Pot
source image: kompas.com

Merawat tanaman Mangga Apel dalam pot memerlukan perhatian khusus agar tanaman tetap sehat dan produktif. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Pemilihan Pot dan Media Tanam

Pilih pot yang cukup besar untuk memberikan ruang bagi pertumbuhan akar. Gunakan pot dengan lubang drainase untuk menghindari genangan air.

Media tanam yang baik adalah campuran potting soil yang diperkaya dengan kompos atau pupuk organik.

2. Penyiraman

Jaga kelembaban tanah tetap stabil, tetapi hindari penyiraman berlebihan yang dapat menyebabkan akar busuk.

Periksa kelembaban tanah dengan meraba permukaan tanah atau menggunakan alat pengukur kelembaban tanah.

Saat tanah terasa kering pada permukaan, air tanaman hingga air mulai keluar dari lubang drainase, lalu buang kelebihan air dari pinggan di bawah pot.

3. Pencahayaan

Tempatkan tanaman Mangga Apel di lokasi yang mendapatkan cahaya matahari penuh. Jika Anda berada di daerah dengan cuaca panas dan terik, pertimbangkan untuk memberikan sedikit naungan pada siang hari agar tanaman tidak terlalu stres akibat panas berlebih.

4. Pemupukan

Berikan pupuk yang seimbang dan kaya akan nutrisi, terutama pupuk dengan rasio nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) yang seimbang.

Pupuk cair atau granular dapat diberikan setiap bulan selama musim tumbuh. Selain itu, tambahkan pupuk organik seperti kompos secara berkala untuk meningkatkan kualitas tanah.

5. Pemangkasan

Pemangkasan dapat membantu membentuk tanaman menjadi lebih rapi dan mendorong pertumbuhan tunas baru.

Potong cabang yang mati atau rusak, serta cabang-cabang yang tumbuh terlalu rapat atau saling bersilangan. Pastikan untuk menggunakan alat pemangkas yang tajam dan steril.

6. Perlindungan terhadap Hama dan Penyakit

Periksa tanaman secara rutin untuk mengidentifikasi tanda-tanda serangan hama atau penyakit.

Jika Anda menemukan tanda-tanda seperti daun yang rusak atau bercak-bercak aneh, lakukan tindakan pencegahan seperti penyemprotan dengan larutan insektisida sabun atau fungisida organik.

7. Pemindahan Pot

Setelah beberapa tahun, tanaman mungkin memerlukan pemindahan ke pot yang lebih besar karena pertumbuhan akar yang cepat. Ini akan membantu mencegah tanaman menjadi terlalu terbatas oleh ruang pot.

8. Pemantauan Secara Berkala

Perhatikan perkembangan tanaman secara berkala. Jika Anda melihat perubahan yang mencurigakan pada warna daun, pertumbuhan, atau tanda-tanda lainnya, segera lakukan tindakan yang diperlukan.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda dapat merawat tanaman mangga apel dalam pot dengan baik dan memaksimalkan peluang untuk mendapatkan buah yang lezat dan sehat.

Mia Suci Izzaturohma Menulis untuk kebaikan, kebermanfaatan, dan keabadian. #LetsGrowTogether

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *