Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Mengenal Ayam Serama: Ayam Hias yang Menawan dari Malaysia

3 min read

Mengenal Jenis Ayam Serama: Ayam Hias yang Menawan dari Malaysia

Ayam Serama, merupakan salah satu jenis ayam hias asli Malaysia yang semakin populer di Indonesia, menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan yang menarik bagi banyak orang.

Dengan ukuran tubuh kecil dan postur tubuh yang unik, Ayam Serama menarik perhatian sebagai hewan peliharaan maupun sebagai ayam hias. Selain memiliki penampilan yang menarik, Ayam Serama juga dikenal dengan kepribadiannya yang jinak dan ramah terhadap manusia.

Berbagai jenis dan variasi warna bulu yang dimiliki Ayam Serama semakin menambah daya tariknya sebagai hewan peliharaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang asal usul, ciri-ciri, dan harga Ayam Serama.

Mengenal Apa itu Ayam Serama

Ayam Serama adalah salah satu ras ayam hias asli Malaysia yang terkenal dengan ukuran tubuhnya yang kecil dan postur tubuh yang unik. Ayam Serama sangat diminati oleh para pecinta ayam hias karena memiliki gaya yang anggun dan indah, serta gerakan-gerakan yang dinamis dan lincah.

Ayam Serama memiliki berbagai jenis warna bulu yang indah seperti putih, hitam, coklat, dan kombinasi warna lainnya. Meskipun ukurannya kecil, Ayam Serama dapat hidup sehat dan kuat, serta memiliki kecepatan dan kecerdasan yang tinggi. Ayam Serama juga dapat dipelihara di rumah dengan mudah karena kebutuhan ruangnya yang tidak terlalu besar.

Ayam Serama juga dikenal sebagai ayam hias yang memiliki sifat jinak dan ramah terhadap manusia, sehingga banyak dipilih sebagai hewan peliharaan.

Selain itu, Ayam Serama juga sering diikutsertakan dalam kontes atau kompetisi ayam hias di berbagai negara.

Dalam perkembangannya, Ayam Serama telah mengalami berbagai jenis perkawinan silang dengan ras ayam hias lainnya, sehingga menghasilkan variasi warna bulu yang lebih banyak dan bentuk tubuh yang semakin bervariasi.

Meskipun demikian, keberadaan Ayam Serama masih terancam oleh perburuan liar dan hilangnya habitatnya di alam liar. Oleh karena itu, sejumlah organisasi dan komunitas penggemar ayam Serama berusaha untuk melestarikan ras ayam ini melalui berbagai program penangkaran dan konservasi.

Asal-usul dan Sejarah Singkat Ayam Serama

Ayam Serama berasal dari Malaysia, tepatnya dari daerah Kelantan pada abad ke-16. Nama “Serama” berasal dari bahasa Melayu yang berarti “anggun” atau “lembut”, merujuk pada postur tubuhnya yang elegan dan gerakan yang lincah.

Menurut legenda, Ayam Serama berasal dari persilangan antara ayam kampung lokal dengan ayam hias impor yang dibawa oleh pedagang dari Thailand dan Indonesia. Seleksi alami dan perkawinan silang yang berlangsung selama bertahun-tahun menghasilkan ayam hias dengan karakteristik yang unik dan khas.

Pada awalnya, Ayam Serama dipelihara sebagai hewan kesayangan dan simbol kemewahan oleh para bangsawan dan raja-raja di Malaysia. Namun, seiring perkembangan zaman, Ayam Serama semakin populer di kalangan masyarakat umum dan menjadi salah satu ras ayam hias terpopuler di dunia.

Pada tahun 2001, Ayam Serama mulai diperkenalkan di Amerika Serikat dan sejak itu ras ini semakin terkenal di berbagai negara di seluruh dunia. Saat ini, Ayam Serama telah menjadi salah satu bintang dalam dunia ayam hias dan sering diikutsertakan dalam kontes dan pameran ayam hias internasional.

Ciri dan Karakteristik Ayam Serama

Ayam Serama memiliki beberapa ciri dan karakteristik tersendiri, berikut adalah beberapa ciri dan karakteristik dari Ayam Serama:

  1. Ukuran tubuh kecil: Ayam Serama merupakan salah satu ras ayam terkecil di dunia, dengan berat badan rata-rata hanya sekitar 500-700 gram dan tinggi sekitar 15-25 cm.
  2. Postur tubuh yang unik: Ayam Serama memiliki postur tubuh yang unik dengan kepala yang kecil, punggung melengkung, dan ekor yang tegak lurus ke atas. Gerakan-gerakan Ayam Serama sangat dinamis dan lincah.
  3. Bulu yang indah: Ayam Serama memiliki berbagai warna bulu yang indah seperti putih, hitam, coklat, dan kombinasi warna lainnya.
  4. Kepribadian jinak dan ramah: Ayam Serama dikenal sebagai ayam hias yang memiliki sifat jinak dan ramah terhadap manusia, sehingga banyak dipilih sebagai hewan peliharaan.
  5. Kecerdasan dan kecepatan tinggi: Ayam Serama memiliki kecerdasan dan kecepatan yang tinggi, sehingga mampu mengikuti gerakan-gerakan pemiliknya dengan lincah.
  6. Suara yang unik: Ayam Serama memiliki suara khas yang berbeda dengan suara ayam kampung pada umumnya. Suaranya lebih halus dan lembut.
  7. Perawatan yang mudah: Ayam Serama dapat dipelihara di rumah dengan mudah karena kebutuhan ruangnya yang tidak terlalu besar. Selain itu, Ayam Serama juga membutuhkan perawatan yang sederhana dan tidak rumit.

Itulah beberapa ciri dan karakteristik dari Ayam Serama yang membuatnya sangat diminati sebagai hewan peliharaan dan ayam hias.

Jenis dan Variasi Warna Ayam Serama

Jenis dan Variasi Warna Ayam Serama
source image: trubus.id

Ayam Serama memiliki beragam jenis dan variasi warna bulu. Berikut adalah beberapa jenis Ayam Serama yang umum ditemukan:

  • Ayam Serama berwarna putih: Ayam Serama jenis ini memiliki bulu yang berwarna putih, dari kepala hingga ekor.
  • Ayam Serama berwarna hitam: Ayam Serama jenis ini memiliki bulu yang berwarna hitam pekat dan tampak mengkilap.
  • Ayam Serama berwarna coklat: Ayam Serama ini memiliki bulu yang berwarna coklat dan variasi warna seperti krem atau kekuningan.
  • Ayam Serama berwarna biru: Ayam Serama jenis ini memiliki bulu yang berwarna biru muda atau abu-abu.
  • Ayam Serama berwarna krem: Ayam Serama jenis ini memiliki bulu yang berwarna krem atau kekuningan.
  • Ayam Serama berwarna kombinasi: Ayam Serama jenis ini memiliki bulu yang berwarna kombinasi seperti coklat dengan putih, hitam dengan putih, atau biru dengan putih.

Selain itu, terdapat juga variasi Ayam Serama yang dikenal sebagai Ayam Serama berbulu lebat atau Ayam Serama jenis bantam, yang memiliki bulu yang lebih lebat dan mengembang daripada Ayam Serama standar.

Harga Ayam Serama

Harga Ayam Serama dapat bervariasi tergantung pada lokasi, jenis, dan umur ayam tersebut. Berikut adalah perkiraan harga Ayam Serama di Indonesia:

  1. Ayam Serama jenis biasa atau standar dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 50.000 – Rp 300.000 per ekor tergantung pada jenis dan usia ayam.
  2. Ayam Serama jenis bantam atau dengan bulu yang lebih lebat memiliki harga yang lebih mahal, yaitu berkisar antara Rp 300.000 – Rp 1.500.000 per ekor tergantung pada jenis dan usia ayam.
  3. Ayam Serama dengan kualitas yang lebih baik dan hasil penyeleksian yang ketat dapat memiliki harga yang lebih mahal lagi, bahkan mencapai jutaan rupiah per ekor.

Namun, harga Ayam Serama dapat berbeda-beda di setiap daerah atau negara. Selain itu, faktor-faktor seperti warna bulu, ukuran, dan kondisi kesehatan ayam juga dapat mempengaruhi harga Ayam Serama.

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *