Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Keunikan dan Daya Tarik Ayam Araucana dalam Bisnis Peternakan

3 min read

Keunikan dan Daya Tarik Ayam Araucana dalam Bisnis Peternakan

Ayam Araucana adalah salah satu jenis ayam yang paling menarik dan unik di dunia. Ayam ini terkenal karena menghasilkan telur berwarna biru atau hijau yang unik, yang menjadi daya tarik bagi banyak peternak dan pecinta ayam.

Selain itu, Ayam Araucana juga memiliki penampilan yang menarik dan unik, dengan telinga kecil yang tertutup bulu dan variasi warna bulu yang berbeda.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, Ayam Araucana juga memiliki kekurangan, seperti produktivitas telur yang rendah dan kepekaan terhadap cuaca ekstrem.

Namun, untuk mereka yang mencari ayam peliharaan yang unik dan menarik, Ayam Araucana pasti akan menjadi pilihan yang menarik. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang asal-usul, karakteristik, kelebihan, dan kekurangan Ayam Araucana.

Mengenal Apa itu Ayam Araucana?

Ayam Araucana adalah jenis ayam yang berasal dari daerah selatan Amerika Selatan, terutama Chili. Ayam Araucana terkenal karena memiliki telur berwarna biru atau hijau, yang dihasilkan oleh pigmen biliverdin yang ada pada kulit telur mereka.

Selain itu, Ayam Araucana juga memiliki ciri khas yaitu memiliki “telinga” kecil yang tertutup bulu di dekat telinga mereka. Bulu tersebut biasanya berwarna merah atau oranye.

Ayam Araucana memiliki variasi warna bulu yang berbeda, termasuk putih, hitam, coklat, dan abu-abu. Ayam Araucana adalah hewan yang populer di kalangan peternak dan pecinta ayam karena keunikan warna telur dan penampilan mereka.

Asal-usul dan Sejarah Ayam Araucana

https://www.youtube.com/watch?v=rdoJhI55hvw&pp=ugMICgJpZBABGAE%3D

Ayam Araucana berasal dari daerah Araucania di Chili, yang merupakan wilayah asli suku Mapuche.

Ayam ini pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh seorang peternak ayam Amerika bernama Robert C. J. B. Off, yang mendapatkan telur Araucana saat bekerja di Chili pada tahun 1914. Off membawa beberapa telur ke Amerika Serikat dan mulai membiakkan ayam ini di sana.

Ayam Araucana kemudian menyebar ke seluruh dunia sebagai ayam hias dan penghasil telur unik berwarna biru atau hijau.

Namun, seiring waktu, Ayam Araucana mengalami persilangan dengan ayam lain untuk meningkatkan sifat-sifat produksi telur dan pertumbuhan. Hal ini menyebabkan terjadinya variasi dalam sifat dan penampilan Ayam Araucana.

Baca Juga : Keunggulan Jenis Ayam Brahma untuk Ternak!

Meskipun Ayam Araucana adalah ayam yang populer di kalangan peternak dan pecinta ayam, keaslian keturunan mereka seringkali diperdebatkan karena adanya persilangan dengan ayam lain.

Ada juga beberapa jenis ayam yang mirip dengan Ayam Araucana, seperti Ameraucana dan Easter Egger, yang dihasilkan melalui persilangan dengan Ayam Araucana.

Ciri dan Karakteristik Ayam Araucana

Ciri dan Karakteristik Ayam Araucana

Berikut adalah beberapa ciri dan karakteristik yang ada pada Ayam Araucana:

  • Telur unik: Ayam Araucana menghasilkan telur berwarna biru atau hijau yang unik. Warna telur ini disebabkan oleh pigmen biliverdin yang terdapat pada kulit telur mereka.
  • Telinga kecil yang tertutup bulu: Ayam Araucana memiliki “telinga” kecil yang tertutup bulu di dekat telinga mereka. Bulu tersebut biasanya berwarna merah atau oranye.
  • Bentuk tubuh yang unik: Ayam Araucana memiliki bentuk tubuh yang unik, dengan leher dan badan yang pendek, serta ekor yang kecil.
  • Variasi warna bulu: Ayam Araucana memiliki variasi warna bulu yang berbeda, termasuk putih, hitam, coklat, dan abu-abu.
  • Karakter yang tenang: Ayam Araucana memiliki karakter yang tenang dan cenderung tidak agresif. Mereka biasanya mudah dijinakkan dan dapat menjadi hewan peliharaan yang baik.
  • Produktivitas telur yang rendah: Meskipun telur Ayam Araucana unik, mereka cenderung memiliki produktivitas telur yang rendah dibandingkan dengan jenis ayam lain. Sebagai contoh, mereka mungkin hanya menghasilkan 3-4 telur per minggu.
  • Tidak tahan terhadap cuaca ekstrem: Ayam Araucana tidak tahan terhadap cuaca ekstrem, terutama suhu yang terlalu dingin. Oleh karena itu, mereka harus dijaga dengan baik di lingkungan yang hangat dan kering.
Baca Juga : Mengenal Ayam Walik, Ayam Unik dengan Bulu Terbalik

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Araucana

Sebagaimana jenis ayam Ameraucana, Ayam Araucana juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan pada Ayam Araucana:

Kelebihan Ayam Araucana:

  1. Telur unik: Ayam Araucana menghasilkan telur berwarna biru atau hijau yang unik, yang menjadi daya tarik utama bagi banyak peternak dan pecinta ayam.
  2. Karakter yang tenang: Ayam Araucana memiliki karakter yang tenang dan mudah dijinakkan, sehingga menjadi hewan peliharaan yang baik.
  3. Penampilan yang menarik: Ayam Araucana memiliki penampilan yang menarik dan unik, terutama karena “telinga” kecil yang tertutup bulu dan variasi warna bulu yang berbeda.
  4. Cenderung sehat dan tahan penyakit: Ayam Araucana cenderung sehat dan tahan terhadap banyak penyakit ayam, asalkan mereka dijaga dengan baik dan diberi makanan yang sehat.

Kekurangan Ayam Araucana:

  1. Produktivitas telur yang rendah: Meskipun telur Ayam Araucana unik, mereka cenderung memiliki produktivitas telur yang rendah dibandingkan dengan jenis ayam lain.
  2. Rentan terhadap cuaca ekstrem: Ayam Araucana tidak tahan terhadap cuaca ekstrem, terutama suhu yang terlalu dingin, sehingga memerlukan lingkungan yang hangat dan kering.
  3. Tidak mudah ditemukan: Ayam Araucana tidak sepopuler jenis ayam lain, dan seringkali sulit untuk ditemukan di pasar hewan atau peternakan.
  4. Harga yang relatif mahal: Karena keunikan mereka, Ayam Araucana dapat memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan dengan jenis ayam lain.

Jenis-jenis Ayam Araucana

Jenis-jenis Ayam Araucana

Ada beberapa jenis Ayam Araucana, yang dibedakan berdasarkan variasi warna bulu dan bentuk tubuh. Berikut adalah beberapa jenis Ayam Araucana yang populer:

  • Ayam Araucana Rumpless: Ayam ini memiliki bentuk tubuh pendek dan leher pendek, serta ekor yang kecil dan tidak memiliki ekor. Mereka memiliki telinga kecil yang tertutup bulu dan menghasilkan telur berwarna biru atau hijau.
  • Ayam Araucana Tufted: Ayam ini memiliki karakteristik yang sama dengan Ayam Araucana Rumpless, namun dengan tambahan “topi” bulu di atas kepala. Bulu tersebut disebut “tuft” dan memberikan penampilan yang unik pada Ayam Araucana Tufted.
  • Ayam Araucana Standard: Ayam ini memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan lebih panjang daripada Ayam Araucana Rumpless atau Tufted. Mereka juga memiliki ekor yang lebih besar dan biasanya tidak memiliki telinga yang tertutup bulu.
  • Ayam Araucana Lavender: Ayam ini memiliki bulu berwarna ungu kebiruan yang indah, dan merupakan variasi warna yang relatif baru di antara Ayam Araucana.
  • Ayam Araucana White: Ayam ini memiliki bulu putih yang menarik, dan merupakan salah satu variasi warna yang paling populer di antara Ayam Araucana.
  • Ayam Araucana Black: Ayam ini memiliki bulu hitam yang mengkilap, dan merupakan variasi warna yang cukup langka di antara Ayam Araucana.

Harga Ayam Araucana

Harga Ayam Araucana bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti usia, jenis, kualitas bulu, warna bulu, dan juga lokasi penjualan.

Secara umum, Ayam Araucana adalah ayam yang relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis ayam lain.

Harga untuk seekor Ayam Araucana dewasa berkisar antara $20 hingga $100 atau lebih tergantung pada faktor-faktor tersebut di atas.

Jika Anda ingin membeli Ayam Araucana, disarankan untuk membelinya dari peternakan ayam terpercaya atau breeder yang terkenal dan memastikan bahwa ayam tersebut sehat dan memiliki kualitas yang baik.

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *