Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Ayam Walik, Jenis Ayam Asli Indonesia dengan Bulu Terbalik

3 min read

Ayam Walik, Jenis Ayam Asli Indonesia dengan Bulu Terbalik

Saat mendengar kata ayam, apa yang ada di pikiranmu? Pernahkah kamu mendengar bahwa ada salah satu jenis ayam hias yang berasal dari Indonesia? Ya, ayam tersebut adalah ayam walik yang merupakan ayam banta, dengan bulu eksotis.

Bagian ekor ayam walik melingkar hingga ke depan wajah. Pada dasarnya, ayam tersebut tidak jauh berbeda dengan ayam kate biasa. Akan tetapi, jenis bulunya seperti terbalik. Unik, bukan?

Mari kita mengenal lebih jauh tentang ayam walik mulai dari asal usul, ciri, kelebihan, hingga kisaran harga ayam tersebut di Indonesia.

Mengenal Apa itu Ayam Walik?

Penasaran dengan keberadaan ayam walik dan alasan dibalik pemberian nama walik tersebut? Ayam walik merupakan ayam asli Indonesia. Sementara populasi terbesar ayam satu ini berada di Jawa Barat.

Ciri khas yang paling menonjol dan unik dari ayam walik adalah bulu yang keriting. Seperti ayam lain pada umumnya, bulu ayam satu ini juga bervariasi warnanya mulai dari coklat merah, kuning, hitam, hingga putih.

Sementara bagian jengger berwarna merah dan berbentuk tunggal. Paruh dan kaki ayam walik berwarna hitam kekuningan. Sedangkan warna kulit adalah putih kekuningan.

Sudah pernah melihat ayam walik sebelumnya baik secara langsung maupun dari foto atau gambar?

Asal-usul dan Sejarah Singkat Ayam Walik

Meski terlihat menarik, sayangnya sejarah ayam walik hingga saat ini belum bisa dipastikan. Oleh sebab itu harus memperhatikan genetik dan nenek moyang dari plasma nutfah ini.

Jika berbicara tentang asal usul ayam, apakah kamu tahu kalau ayam walik merupakan ayam dari Indonesia? Persebaran terbanyak di negara kita adalah di Provinsi Jawa Barat, termasuk di dalamnya Bogor, Sumedang, dan Sukabumi.

Baca Juga : Asal-usul & Karakateristik Ayam Brahma yang Bertubuh Unik dan Besar!

Beberapa ahli meyakini kalau ayam jenis ini sudah ada sejak tahun 90an dari Bogor dan Sukabumi.

Berdasarkan hal tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa ayam tersebut memang sudah ada sejak dahulu. Saat ini, ayam walik bahkan bisa kamu temukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Jenis-jenis Ayam Walik

Jenis-jenis Ayam Walik

Bagi kamu yang punya ketertarikan dalam memelihara hewan berkaki dua dan berbulu seperti ayam, apakah lebih memilih ayam walik? Jika demikian, pastikan kalau kamu sudah familiar dengan berbagai jenis ayam walik.

Dengan begitu, tidak sulit bagi kamu untuk menentukan jenis ayam walik mana yang akan dipilih dan dipelihara. Berikut adalah beberapa jenis ayam walik yang ada di Indonesia:

1. Ayam Walik Putih

Salah satu jenis ayam walik adalah ayam walik putih, yaitu ayam walik dengan bulu berwarna putih. Hadir menjadi salah satu pilihan ayam hias yang sesuai dengan preferensi dan hobi yang kamu miliki.

Baca Juga : Mengenal Jenis Ayam Orpington, Bisa Hasilkan 300+ Telur

Pengembangan ayam merupakan pemurnian genetik untuk warna bulu. Jadi, tidak heran jika ayam satu ini dijual dengan harga cukup tinggi yaitu bisa mencapai Rp. 500 ribu per ekor.

Tampilan fisik yang cantik juga turut memengaruhi harga ayam walik per ekornya. Sudah siapkan budget untuk membeli ayam ini?

2. Ayam Walik Cemani

Ayam walik selanjutnya adalah ayam walik cemani yang ternyata dijual dengan harga yang lebih mahal dari ayam walik jenis pertama.

Keserasian bulu berwarna hitam, kaki mengkilap, kulit, paruh, dan mata tentunya tidak mengherankan jika ayam ini hadir dengan harga yang fantastis.

Jenis ayam walik satu ini umumnya tersedia di pasaran dengan harga hingga Rp. 1 juta untuk setiap ekornya. Apakah menurutmu tergolong mahal atau tidak?

3. Ayam Tulak Walik

Jenis ayam walik yang ketiga adalah ayam tulak walik. Mungkin kamu penasaran dengan sebutan nama tersebut karena baru pertama kali mendengarnya. Tulak adalah kondisi dimana sebagian bulu memiliki dua warna saja.

Ayam tulak yang banyak ditemukan di masyarakat adalah bulunya keriting dengan satu bagian yang memiliki warna berbeda.

Baca Juga : Keunikan dan Daya Tarik Ayam Araucana untuk Bisnis Ternak

Misalnya, seluruh badan ayam berwarna coklat. Namun, bagian punggungnya berwarna hitam atau putih. Itulah maksud dari kata tulak yang tadi disebutkan.

4. Ayam Kate Walik

Kombinasi antara bentuk fisik yang pendek dan bulu ayam terbalik mungkin menjadi pesona tersendiri bagi ayam kate walik. Ayam ini merupakan hasil perkawinan silang dengan strain kate.

Meski berukuran mini tetapi ayam hias ini tetap tampil menawan. Untuk ayam berusia 5 bulan atau lebih, harganya bisa mencapai Rp. 500 ribu per pasang.

5. Ayam Walik Sekul

Seperti yang kita katakan sebelumnya kalau walik merupakan sebutan untuk ayam karena memiliki bulu terbalik. Pada ayam walik sekul, seluruh bulunya terbalik, jadi bukan hanya sebagian saja.

Di beberapa daerah seperti Jawa Timur, Yogyakarta, dan Jawa Tengah, sekul juga disebut dengan jali meskipun pada kenyataannya memiliki arti berbeda. Sekul adalah bulu yang semuanya membalik dengan sempurna.

6. Ayam Walik Sura

Jenis ayam walik terakhir adalah ayam walik sura. Ciri dari ayam ini adalah bulu terbalik yang berwarna hitam.

Ciri dan Karakteristik Ayam Walik

Ciri dan Karakteristik Ayam Walik

Bagi para pemula, bagaimana bisa mengenali ayam walik dan membedakannya dari jenis ayam lain? Seperti ayam jenis apapun yang ada di dunia, ayam walik juga memiliki ciri dan karakteristik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berbulu keriting dan menjadi keunikan ayam walik
  • Warna bulu bervariasi seperti cokelat, putih, hitam, coklat kemerahan, dan berbintik merah akan pigmen melanin
  • Bagian jengger berbentuk tunggal, bergerigi, dan warnanya merah
  • Memiliki bobot sekitar 1 hingga 3 kg
  • Postur dan tulang seperti ayam kampung
  • Perkembangbiakan ayam cukup lambat
  • Bisa menghasilkan 12 telur setiap periode dengan tingkat tetas sekitar 74 persen
  • Tahan terhadap penyakit pada perubahan cuaca
  • Kulit badan, paruh, dan sisik kaki berwarna kuning atau hitam kelabu tua

Keunggulan Ayam Walik

Mengapa harus memilih ayam walik? Apa saja keunggulan ayam asal Indonesia satu ini? Agar punya segudang alasan untuk memelihara ayam walik, perhatikan beberapa keunggulan ayam satu ini:

  • Mampu bertahan hidup pada iklim panas
  • Mampu meregulasi lingkungan saat suhu panas agar ayam tetap merasa nyaman dalam suhu tinggi
  • Cocok untuk dijadikan crossbreed
  • Genetik pigmen melanin
  • Harganya masih tergolong terjangkau
  • Perawatan ayam yang mudah
  • Warna bulu bervariasi yang membuatnya unik
  • Memiliki bulu terbalik

Harga Ayam Walik

Jika melihat dari keunggulan ayam walik dimana harganya masih tergolong terjangkau, itu artinya kamu berpeluang untuk bisa membawa pulang ayam satu ini dengan uang yang ada di saku. Eits, jangan salah, ayam walik dewasa harganya bisa mencapai hingga Rp 1 juta per ekor.

  • Ayam berusia 1 bulan dijual dengan harga Rp. 85 ribu per ekor
  • Ayam berusia 2 bulan bisa kamu dapatkan dengan uang sekitar Rp. 110 ribu per ekor
  • Harga ayam walik berusia 3 bulan mulai dari Rp. 135 ribu per ekor
  • Harga ayam walik berusia 4 bulan mulai dari Rp. 175 ribu per ekor
  • Harga ayam walik berusia 5 bulan mulai dari Rp. 225 ribu per ekor
  • Ayam walik dewasa bisa mencapai Rp. 1 juta per ekor

Mau Pilih Ayam Walik Jenis Apa?

Ayam walik memiliki berbagai jenis yang tentunya bisa kamu pertimbangkan. Jadi, sebelum mulai beternak atau memelihara ayam walik, pastikan terlebih dahulu jenis ayam walik mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pastikan juga kamu punya dana yang cukup untuk membeli jenis ayam walik tertentu. Bahkan untuk harga telur tetas ayam walik sekitar Rp. 35 ribu hingga Rp. 40 ribu per butir.

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *