Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Inilah 13 Jenis Burung Lovebird dari Berbagai Belahan Dunia

4 min read

Inilah 12 Jenis Burung Lovebird dari Berbagai Belahan Dunia

Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung populer di kalangan pecinta burung, terutama karena kecantikan bulu dan sifatnya yang ceria dan menggemaskan.

Ada berbagai jenis burung Lovebird yang berasal dari berbagai belahan dunia, masing-masing dengan ciri-ciri yang khas dan harga yang bervariasi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai jenis-jenis burung Lovebird, dari yang berasal dari Indonesia hingga benua Amerika, beserta dengan ciri-ciri dan harganya.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk memelihara burung Lovebird, atau hanya ingin mengetahui lebih lanjut tentang burung yang satu ini, artikel ini akan memberikan informasi yang berguna dan menarik.

Mengenal Apa itu Burung Lovebird?

Mengenal Apa itu Burung Lovebird?

Burung Lovebird adalah burung kecil yang populer sebagai hewan peliharaan di seluruh dunia. Lovebird berasal dari Afrika, tetapi telah dibawa ke seluruh dunia oleh para penggemar burung.

Nama Lovebird sendiri berasal dari perilaku burung ini yang sering terlihat berpasangan dan menunjukkan perilaku keintiman yang sama seperti manusia yang sedang jatuh cinta.

Burung Lovebird memiliki ukuran tubuh yang kecil, sekitar 13-17 cm dan memiliki bulu yang sangat indah dan berwarna-warni.

Baca Juga: Jenis Burung Hantu Terpopuler di Indonesia & Mancanegara

Mereka juga memiliki paruh yang kuat dan mempunyai kemampuan untuk berbicara.

Lovebird memiliki karakter yang lincah, ceria, dan lucu, sehingga banyak orang tertarik untuk memeliharanya sebagai hewan peliharaan.

Lovebird adalah burung yang sosial, sehingga mereka lebih bahagia dan sehat ketika dipelihara secara berpasangan atau dalam kelompok kecil.

Burung Lovebird dapat diberi makan dengan berbagai jenis makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan telur rebus.

Namun, perlu diingat bahwa burung Lovebird membutuhkan perawatan yang tepat, seperti memberikan air minum yang bersih, kandang yang bersih, dan teratur memeriksa kesehatannya.

Jenis-jenis Burung Lovebird di Indonesia dan Mancanegara

Terdapat beberapa jenis burung Lovebird yang populer sebagai hewan peliharaan di Indonesia dan Mancanegara.

Berikut adalah jenis-jenis burung Lovebird yang dikenal di Indonesia dan Mancanegara beserta penjelasannya secara rinci:

1. Lovebird Fischer (Agapornis fischeri)

1. Lovebird Fischer (Agapornis fischeri)
source image: ebird.org

Lovebird Fischer memiliki ciri-ciri fisik berupa ukuran tubuh yang kecil (sekitar 13 cm), paruh yang pendek, dan bulu yang berwarna-warni seperti hijau, kuning, biru, dan ungu.

Lovebird Fischer sangat aktif, lincah, dan ceria, serta dapat menjadi burung yang rajin berkicau.

Harga Lovebird Fischer di Indonesia bervariasi mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 1.500.000 tergantung pada umur, jenis kelamin, dan kondisi fisiknya.

2. Lovebird Peach-faced (Agapornis roseicollis)

Lovebird Peach-faced (Agapornis roseicollis)

Lovebird Peach-faced memiliki ciri-ciri fisik berupa ukuran tubuh yang kecil (sekitar 17 cm), paruh yang kuat, dan bulu yang berwarna-warni seperti hijau, kuning, oranye, dan merah muda.

Lovebird Peach-faced merupakan burung yang lincah, ceria, dan suka bersosialisasi dengan burung lain.

Harga Lovebird Peach-faced di Indonesia bervariasi mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1.500.000 tergantung pada umur, jenis kelamin, dan kondisi fisiknya.

3. Lovebird Black-masked (Agapornis personatus)

Lovebird Black-masked (Agapornis personatus)

Lovebird Black-masked memiliki ciri-ciri fisik berupa ukuran tubuh yang kecil (sekitar 14 cm), paruh yang pendek, dan bulu yang berwarna-warni seperti hijau dan kuning dengan masker hitam di sekitar mata.

Lovebird Black-masked merupakan burung yang lincah, ceria, dan mudah dilatih untuk berbicara.

Harga Lovebird Black-masked di Indonesia bervariasi mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1.500.000 tergantung pada umur, jenis kelamin, dan kondisi fisiknya.

4. Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)

4. Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)

Lovebird Nyasa memiliki ciri-ciri fisik berupa ukuran tubuh yang kecil (sekitar 13 cm), paruh yang pendek, dan bulu yang berwarna-warni seperti hijau, biru, dan ungu.

Lovebird Nyasa merupakan burung yang ceria, lincah, dan dapat beradaptasi dengan baik dalam lingkungan yang baru.

Harga Lovebird Nyasa di Indonesia bervariasi mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung pada umur, jenis kelamin, dan kondisi fisiknya.

5. Lovebird Madagascar (Agapornis canus)

5. Lovebird Madagascar (Agapornis canus)

Lovebird Madagascar memiliki ciri-ciri fisik berupa ukuran tubuh yang kecil (sekitar 13 cm), paruh yang pendek, dan bulu yang berwarna-warni seperti hijau, kuning, dan oranye.

Lovebird Madagascar merupakan burung yang ceria, lincah, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Harga Lovebird Madagascar di Indonesia bervariasi mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 2.500.000 tergantung pada umur, jenis kelamin, dan kondisi

6. Lovebird Abyssinian (Agapornis taranta)

6. Lovebird Abyssinian (Agapornis taranta)

Lovebird Abyssinian memiliki ciri-ciri fisik berupa ukuran tubuh yang kecil (sekitar 13 cm), paruh yang pendek, dan bulu yang berwarna-warni seperti hijau, kuning, dan merah.

Lovebird Abyssinian merupakan burung yang lincah, ceria, dan mudah dilatih untuk berbicara.

Harga Lovebird Abyssinian di Indonesia bervariasi mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung pada umur, jenis kelamin, dan kondisi fisiknya.

7. Lovebird Black-cheeked (Agapornis nigrigenis)

7. Lovebird Black-cheeked (Agapornis nigrigenis)

Lovebird Black-cheeked memiliki ciri-ciri fisik berupa ukuran tubuh yang kecil (sekitar 13 cm), paruh yang pendek, dan bulu yang berwarna-warni seperti hijau, kuning, dan oranye dengan pipi hitam.

Lovebird Black-cheeked merupakan burung yang ceria, lincah, dan suka bermain.

Harga Lovebird Black-cheeked di Indonesia bervariasi mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 2.500.000 tergantung pada umur, jenis kelamin, dan kondisi fisiknya.

8. Lovebird Lutino (Agapornis sp.)

8. Lovebird Lutino (Agapornis sp.)
source image: depositphotos.com

Lovebird Lutino memiliki ciri-ciri fisik berupa bulu yang berwarna kuning cerah, mata merah, dan paruh yang pendek.

Lovebird Lutino merupakan hasil mutasi warna yang dihasilkan oleh persilangan Lovebird.

Harga Lovebird Lutino di Indonesia bervariasi mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung pada umur, jenis kelamin, dan kondisi fisiknya.

9. Red-headed Lovebird (Agapornis pullarius)

9. Red-headed Lovebird (Agapornis pullarius)
source image: oiseaux.net

Red-headed Lovebird memiliki ciri-ciri fisik berupa bulu yang dominan berwarna hijau dengan perpaduan warna merah pada bagian kepala yang menutupi matanya dan bagian leher.

Burung ini juga memiliki warna kaki yang oranye cerah dan paruh yang pendek. Burung ini memiliki harga yang bervariasi, mulai dari sekitar $100 hingga $300.

10. Masked Lovebird (Agapornis personatus)

Masked Lovebird memiliki ciri-ciri fisik berupa bulu yang dominan berwarna hijau dengan perpaduan warna hitam pada bagian kepala dan bagian dadanya.

Burung ini juga memiliki ciri khas berupa cincin putih di sekitar matanya dan paruh yang pendek.

Masked Lovebird memiliki harga yang bervariasi, mulai dari sekitar $50 hingga $150.

11. Black-collared Lovebird (Agapornis swindernianus)

11. Black-collared Lovebird (Agapornis swindernianus)

Black-collared Lovebird memiliki ciri-ciri fisik berupa bulu yang dominan berwarna hijau dengan perpaduan warna hitam pada bagian leher dan dadanya.

Burung ini juga memiliki warna kaki yang oranye cerah dan paruh yang pendek.

Black-collared Lovebird memiliki harga yang bervariasi, mulai dari sekitar $150 hingga $400.

12. Grey-headed Lovebird (Agapornis cana)

Grey-headed Lovebird memiliki ciri-ciri fisik berupa bulu yang dominan berwarna hijau dengan perpaduan warna abu-abu pada bagian kepalanya.

Burung ini juga memiliki warna kaki yang abu-abu dan paruh yang pendek. Grey-headed Lovebird memiliki harga yang bervariasi, mulai dari sekitar $200 hingga $500.

13. Black-winged Lovebird (Agapornis taranta)

Black-winged Lovebird memiliki ciri-ciri fisik berupa bulu yang dominan berwarna hijau dengan perpaduan warna hitam pada bagian sayapnya.

Burung ini juga memiliki warna kaki yang oranye cerah dan paruh yang pendek.

Black-winged Lovebird memiliki harga yang bervariasi, mulai dari sekitar $150 hingga $400.

Harga burung Lovebird yang berasal dari Indonesia dan mancanegara sangat bervariasi tergantung pada negara asalnya, jenis kelamin, umur, dan kondisi fisik.

Namun, harga burung Lovebird yang langka atau sulit ditemukan dapat mencapai ribuan dolar.

Penting bagi calon pemilik untuk membeli dari penjual yang terpercaya dan memastikan bahwa burung yang dibeli sehat dan sesuai dengan regulasi perdagangan internasional.

Cara Merawat Burung Lovebird

Berikut adalah beberapa tips dalam merawat burung lovebird yang dapat kamu terapkan:

1. Kandang

Pastikan untuk memberikan kandang yang cukup besar untuk burung Lovebird. Kandang sebaiknya memiliki ukuran minimal 60 cm x 60 cm x 60 cm untuk sepasang burung.

Jangan lupa untuk memberikan perches atau tongkat yang berbeda ukuran dan bahan, serta beberapa mainan yang aman dan cocok untuk burung Lovebird.

2. Makanan dan Minuman

Pastikan burung Lovebird diberikan makanan yang berkualitas, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

Hindari memberikan makanan berlemak atau berminyak. Pastikan juga burung Lovebird selalu memiliki akses ke air bersih dan segar.

3. Perawatan Bulu dan Kuku

Lakukan perawatan bulu dan kuku secara rutin, yaitu dengan memberikan mandi rutin setiap 2-3 hari. Selain itu, juga bisa memberikan vitamin yang diperuntukkan untuk burung.

4. Latihan dan Interaksi

Berikan waktu dan kesempatan untuk latihan dan interaksi dengan burung Lovebird.

Dengan memberikan kesempatan latihan, Lovebird bisa terhindar dari kebosanan dan menjadi lebih aktif dan sehat.

Interaksi dengan manusia juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Lovebird.

5. Perhatikan Kesehatan

Pastikan burung Lovebird selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyakit.

Jika Lovebird sakit atau menunjukkan gejala yang tidak biasa, segera bawa ke dokter hewan terdekat.

6. Kebersihan

Pastikan kebersihan kandang, perches, mainan, dan tempat makan minum Lovebird selalu terjaga.

Bersihkan kandang dan alat-alat yang digunakan dengan rutin untuk mencegah berkembang biaknya bakteri atau jamur.

7. Pemeliharaan

Pastikan burung Lovebird tetap dipelihara dengan baik dan sesuai dengan regulasi perdagangan internasional.

Jangan membeli burung Lovebird ilegal dan pastikan selalu membeli dari penjual yang terpercaya.

Merawat burung Lovebird memerlukan kesabaran dan perhatian yang cukup.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan atau peternak burung yang berpengalaman jika Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam merawat burung Lovebird Anda.

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *