Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Keunggulan & Karakteristik Ayam Plymouth Rock

3 min read

Keunggulan Ayam Plymouth Rock Beserta Karakteristiknya!

Ayam plymouth rock merupakan salah satu jenis ayam petelur yang dikenal berasal dari negara Amerika Serikat. Ayam ini juga biasa dikenal dengan sebutan barred rock atau rock.

Salah satu ciri khas dari ayam ini yaitu berupa motif atau pola pada bulunya yang berwarna hitam dan putih.

Jika kamu penasaran dengan sejarah, asal-usul, karakteristik, dan jenis-jenis dari ayam plymouth rock ini, yuk simak pembahasan berikut hingga selesai.

Mengenal Apa itu Ayam Plymouth Rock?

Ayam plymouth rock, merupakan salah satu jenis ayam domestik atau ras ayam yang berasal dari Amerika Serikat. Persebaran ayam ini semakin meluas sejak abad ke-19, dan pada awal abad ke-20 an jenis ayam ini yang paling banyak dipelihara di Amerika Serikat.

Konon katanya jenis ayam ini dibawa ke negara New England untuk kemudian dipelihara dan dibudidayakan oleh peternak sebagai ayam dwiguna.

Hal ini tidak terlepas dari keistimewaan yang dimilikinya, yaitu berupa bobot yang cukup besar dan tingkat produktivitas telur yang cukup tinggi.

Sehingga pada beberapa dekade terakhir ini ayam plymouth rock dapat tersebar luas diberbagai negara, sala satunya Indonesia.

Indonesia ikut ambil bagian untuk membudidayakan unggas ini, baik sebagai ayam hias ataupun dikawin silangkan dengan jenis ayam lokal.

Asal-usul & Sejarah Singkat Ayam Plymouth Rock

Asal-usul & Sejarah Singkat Ayam Plymouth Rock

Diketahui bahwa awal mula sejarah dari ayam plymouth rock yaitu nampak di Massachusetts pada abad ke-19, dan sebagian besar pada awal abad ke-20.

Sebelum itu, ayam ini pertama kali terlihat di Boston pada tahun 1849, namun setelah itu tidak terlihat lagi selama 20 tahun lamanya.

Hingga akhirnya pada tahun 1869, di Worcester, Massachusetts  terdapat peternak yang mengawinkan beberapa jenis ayam hitam dengan ayam jantan berbulu jali atau bergaris.

Baca Juga : Apa itu Ayam Leghorn? Sejarah & Keunggulannya!

Oleh karena itu dari pengamatan ini, ayam yang diperlihatkan di Worcester pada tahun 1869 tersebut adalah salah satu cikal bakal hadirnya plymouth rock modern.

Tidak hanya itu, beberapa orang peternak juga sudah dikaitkan dengan pengembangan ini karena dapat menghasilkan keturunan strain baru seperti ayam cochin, ayam brahma, dan dominique.

Ciri-ciri & Karakteristik Ayam Plymouth Rock

Jika dilihat dari segi karakteristik dan penampilan fisik, ayam plymouth rock memiliki beberapa keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis ayam kapas, dan ayam lainnya.

Berikut ini adalah beberapa ciri dan karakteristik yang terdapat pada ayam rock, yang perlu kamu ketahui:

  • Memiliki pial dan jengger berwarna merah.
  • Bagian iris mata dan cuping telinga berwarna merah.
  • Paruh berwarna kuning cerah.
  • Memiliki bentuk jengger tunggal dengan lima gerigi dan tegak.
  • Kulit berwarna kuning cerah.
  • Bentuk badan cukup besar dan panjang, dengan bentuk sediki bulat.
  • Berat badan ayam jantan berkisar 3,5 – 4,5kg, dan betina 2,75 – 3,5kg.
  • Rata-rata dapat menghasilkan telur antara 170-200 butir per tahun.
  • Telur berwarna coklat.
  • Mudah beradaptasi pada setiap lingkungan.
Baca Juga : Cara Ternak Ayam Sussex, Ayam Dwiguna yang Produktif!

Jenis-jenis Ayam Plymouth Rock

Jenis-jenis Ayam Plymouth Rock

Seiring dengan berkembangnya zaman dan pemikiran para peternak, banyak yang melakukan persilangan antara ayam plymouth rock dengan ras lain.

Sehingga dengan begitu melahirkan beragam jenis plymouth rock, berikut ini adalah beberapa jenis tersebut:

1. Barred Plymouth Rock

Barred plymouth rock merupakan salah satu hasil dari perkembang biakan ayam plymouth rock. Ayam ini populer dan dikembang biakkan di Amerika Serikat.

Keunikan dari jenis ini yaitu berupa bulunya yang bagus, sebagaimana ayam hias. Selain itu dari segi produktifitas telur dan dagingnya juga tinggi. Jenis ini juga mudah beradaptasi di berbagai lingkungan dan cuaca.

2. White Plymouth Rock

White plymouth rock adalah ras ayam yang berkembang sejak abad ke-19 di New England. Ayam ini merupakan jenis ayam dwiguna, yaitu bagus dalam menghasilkan telur dan daging.

Ayam ini adalah jenis tertua dari jenis lainnya.

3. Buff Plymouth Rock

Dikarenakan semakin banyaknya hasil persilangan, sehingga menjadikan beberapa jenis ayam dibagi berdasarkan fungsinya.

Pada mulanya ayam ini hanya dipelihara secara komersil untuk diambil dan dimanfaatkan dagingnya, namun seiring dengan berjalannya waktu ayam ini juga mulai dimanfaatkan telurnya.

4. Blue Plymouth Rock

Sebagaimana varietas lainnya, ayam jenis ini juga memiliki fungsi sebagai ayam dwiguna yang memiliki nilai produktif cukup tinggi.

Ciri dari ayam ini yaitu warna bulunya yang indah, berupa biru lavender. Ayam ini mulai dikenal yaitu pada saat seorang peternak terkenal bernama Jim Shaw memeliharannya.

Keunggulan Ayam Plymouth Rock

Keunggulan Ayam Plymouth Rock

Setiap ayam pasti memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga memiliki daya tarik yang berbeda-beda. Sama halnya dengan jenis ayam plymouth rock ini.

Berikut adalah beberapa keunggulan yang terdapat pada ayam rock.

  • Mempunyai daya tahan tubuh yang baik
  • Pertumbuhan yang lebih cepat
  • Memiliki cita rasa daging yang lezat
  • Produktifitas telur dan daging cukup tinggi
  • Daya jual beli relatif stabil
  • Bisa menjadi persilangan untuk menghasilkan ayam unggul
  • Terdapat berbagai jenis, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan pasar

Harga Ayam Plymouth Rock

Ayam plymouth rock memiliki harga yang cukup bervariasi, tergantung jenis dan tingkatan pada saat akan membeli. Berikut ini adalah daftar harga yang dapat kami lampirkan pada saat artikel ini dipublish:

  • DOC Plymouth Rock Rp. 100rb – Rp. 150rb
  • Plymouth Rock Anakan 1-3 bulan Rp. 100rb – Rp. 300rb/ ekor
  • Plymouth Rock Dewasa Rp. 500rb – Rp. 1jt

Apabila terdapat kesalah pada daftar harga yang kami lampirkan, mohon untuk dikoreksi dan sampaikan di kolom komentar ya.

Sekian

Itulah beberapa rangkaian pembahasan mengenai jenis ayam plymouth rock, baik dari sejarah, keunggulan, jenis, dan harganya.

Semoga dengan adanya pembahasan berikut dapat membantu dan memudahkan kamu dalam mengenal jenis-jenis ayam untuk beternak dengan baik.

Jangan pernah ragu dan malu untuk memulai. Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan dan didiskusikan bisa langsung tulis di kolom komentar ya. Good Luck!

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

2 Replies to “Keunggulan & Karakteristik Ayam Plymouth Rock”

    1. Sebelumnya terimakasih banyak kak, sudah berkenan untuk membaca dan memberi komentar pada artikel kami. Untuk saat ini kami belum menyediakan bibit ayam sendiri kak, saran kami kakak bisa mencari bibit ayam di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *