Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Mengenal Ayam Sussex, Ayam Dwiguna yang Produktif

2 min read

Mengenal Ayam Sussex - Penghasil Daging & Telur yang Produktif

Mengenal Ayam Sussex – Sebagaimana ayam plymouth rock, ayam sussex merupakan salah satu jenis ayam dwiguna. Jenis ayam yang biasa dipelihara untuk dimanfaatkan telur dan dagingnya.

Saat ini mungkin kamu belum begitu mengenal tentang jenis ayam ini, karena di Indonesia sendiri memang masih sedikit peternak yang membudidayakannya.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mengetahui jenis ayam sussex secara lebih rinci, yuk simak pembahasan berikut hingga tuntas!

Mengenal Jenis & Sejarah Singkat Ayam Sussex

Mengenal Jenis & Sejarah Singkat Ayam Sussex

Ayam sussex merupakan salah sat strain ayam yang berasal dari negara Inggris, tepatnya di Britain atau Britania Raya.

Jika ditelisik lebih jauh, ternyata unggas old sussex atau kent telah dipertunjukkan pertama kali pada pertunjukkan Zoo London di tahun 1485.

Pada mulanya ayam tertua ini tidak terdaftar pada standar unggas edisi pertama, namun di pameran unggas oleh William Bernhardt Tegermeier di tahun 1865 an ayam ini sudah masuk standar kesempurnaan.

Kemudian pada tahun 1902 ayam sussex didaftarkan bersamaan dengan beberapa variasinya, seperti motif warna merah, putih, dan rintik.

Pembagian jenis warna bulu tersebut dipengaruhi oleh adanya cikal bakal strain dari ayam lain, yaitu seperti jenis ayam brahma dan cochin serta dorking.

Lalu munculnya jenis hibrid komersial yaitu pada saat menjelang perang dunia kedua. Sehingga denga begitu jenis ayam sussex dan RIR adalah strain pedaging yang paling populer di United Kingdom.

Selain itu, dikarenakan ukuran tubuhnya yang dominan kecil dan corak bulunya yang kurang menarik membuat ayam ini hanya dijadikan sebagai penghasil telur dan daging, daripada dijadikan ayam kontes atau pameran.

Ciri-ciri & Karakteristik Ayam Sussex

Ciri-ciri & Karakteristik Ayam Sussex

Sama halnya dengan jenis ayam kapas dan ayam leghorn, ayam sussex juga memiliki ciri dan karakteristik tersendiri. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu dapat memperhatikan visualnya.

Namun jika dilihat sekilas, ayam ini mungkin hampir mirip dengan ayam brahma dikarenakan corak bulunya. Namun apa yang menjadi pembedanya? Berikut penjelasannya!

  • Memiliki struktur tulang dada panjang dan lurus
  • Cuping telinga berwarna merah
  • Pada bagian kulit badan dan kaki berwarna putih
  • Memiliki bentuk badan membentuk segi empat presisi
  • Cangkang telur berwarna putih
  • Memiliki bola mata berwarna merah untuk jenis yang gelap, dan berwarna terang untuk yang berbulu terang

Jenis-jenis Ayam Sussex

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ayam ini terbagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan oleh warna bulunya.

Namun dari ketiga jenis tersebut memiliki persamaan dan perbedaan yang tidak jauh berbeda, khususnya pada bagian fisiknya. Berikut adalah rincian mengenai ketiga jenis tersebut:

1. Light Sussex

Jenis-jenis Ayam Sussex light sussex

Sekilas untuk varietas pertama ini memiliki kemiripan dengan ayam brahma, namun terdapat perbedaan yang cukup mencolok yaitu pada ukuran bobot dan produksi telurnya.

Varietas ini juga termasuk jenis ayam yang memiliki sifat tenang dan mudah beradaptasi, namun memiliki harga yang relatif tinggi.

Adapun ciri fisiknya yaitu memiliki bulu dengan warna dasar putih bersih, serta terdapat sedikit corak pada bagian ekor dan lehernya berwarna hitam.

2. Sussex Buff

Jenis Ayam Sussex buff

Berbeda jauh dengan varietas pertama, varietas ini memiliki warna bulu merah cerah mendekati corak merah sapi.

Sudah dapat dilihat secara fisik, bahwa ayam ini memiliki warna dasar yang sama yaitu merah dengan sedikit tambahan warna hitam pada bagian ekor dan leher.

Ciri yang lebih menonjol yaitu terletak pada bagian matanya yang berwarna orange dan merah. Jadi umumnya warna mata akan mengikuti warna dasar, gelap atau terang.

3. Sussex Rintik

Jenis Ayam Sussex Rintik

Memiliki corak berupa bintik atau trotol, menjadikannya berbeda dengan jenis sussex warna lain. Selain itu, jenis rintik juga merupakan salah satu klasifikasi paling tua.

Sahabat Tumbuh Subur sudah dapat melihat perbedaan yang mencolok hanya dari segi fisiknya. Yaitu berupa bulu dengan warna dasar merah gula jawa, dan dihiasi dengan corak bintik berwarna putih dan hitam/ coklat. Serta pada bagian matanya berwarna merah.

Keunggulan Ayam Sussex

Berdasarkan tradisi atau kebiasaan masyarakat di Inggris, ayam sussex biasa dipelihara untuk disembelih dan dijadikan hidangan.

Pada awal tahun 1920 an menjelang perang dunia, ayam ini menjadi salah satu jenis penghasil daging yang paling pokok.

Namun seiring dengan perkembangan zaman ayam ini mengalami penurunan konsumsi, hal tersebut dikarenakan hadirnya ayam hibrid industri modern.

Namun jika berbicara mengenai kelebihan, berikut ini adalah beberapa kelebihan/ keunggulan yang dimiliki oleh ayam sussex:

  • Ayam jinak, tidak mudah stress, dan mudah adapatasi di lingkungan baru
  • Dapat menghasilkan telur antara 180-200 butir/ ekor setiap tahunnya
  • Bobot jantan dewasa bisa mencapai 4,1kg dan betina 3,2kg
  • Berat telur mencapai 55-60 gram
  • Anakan ayam sudah dapat dipanen pada usia 12-16 minggu
  • Memiliki kekebalan tubuh yang baik, meski dipelihara di kawasan tropis

Harga Ayam Sussex

Untuk harga ayam sussex ini dapat berubah-ubah, tergantung jenis dan ukuran yang akan dibeli. Namun sesuai yang kami lansir dari situs jual beli alibaba.com, harga telur fertil ayam sussex mencapai Rp. 28rb – Rp. 35rb per butir.

Sehingga tentu untuk harga DOC hingga harga ayam sussex dewasa lebih mahal daripada itu. Karena kami belum mengetahui harga detailnya, sehingga tidak dapat mecantumkannya.

Sekian

Itulah pembahasan singkat mengenai spesifikasi ayam sussex, baik dari sejarah, ciri-ciri, karakteristik, jenis, keunggulan, serta harganya.

Semoga dengan adanya pembahasan berikut dapat membantu dan memudahkan kamu dalam mengenal jenis-jenis ayam untuk budidaya dengan lebih baik.

Jangan pernah ragu dan malu untuk memulai. Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan dan didiskusikan bisa langsung tulis di kolom komentar ya. Good Luck!

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *