Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Mengenal Ayam Aseel, Si Petarung Berstamina Kuat

3 min read

Ayam Aseel, Si Petarung Berstamina Kuat

Pernah melihat kompetisi pertarungan ayam? Tahukah kamu kalau jenis ayam aseel dinilai sebagai ayam petarung terkuat?

Ayam yang berasal dari India dan Pakistan ini memiliki ciri dan karakteristik yang menarik sehingga bisa membuatmu tercengang. Sayangnya, agak sulit menemukan ayam tersebut di Indonesia.

Agar tidak penasaran seperti apa ayam aseel dan bagaimana perkembangan serta harganya hingga saat ini, mari kita cari tahu bersama melalui artikel satu ini.

Mengenal Apa itu Ayam Aseel?

Bukankah ayam tidak hanya sebagai ayam petelur dan pedaging saja? Ada banyak ayam yang dijadikan sebagai hewan hias hingga aduan. Ayam aseel begitu populer dan dikenal dunia sebagai ayam aduan yang terkuat.

Bagaimana tidak, struktur tulang ayam aseel memang besar. Saat bertarung, ayam ini bisa bertahan hingga 2 jam tanpa henti. Hal tersebut didukung oleh stamina ayam yang begitu kuat di atas rata-rata ayam.

Sayangnya, tidak mudah menemukan ayam aseel di Indonesia karena sulitnya mengimpor ayam tersebut ke negara kita. Mengapa demikian? Ayam aseel merupakan jenis ayam yang langka.

Pakistan dan India dikenal sebagai dua negara yang masih memproduksi ayam aseel. Kedua negara tersebut diperkirakan menjadi negara asal ayam aseel. Pernah mendengar hal tersebut sebelumnya?

Asal-usul dan Sejarah Singkat Ayam Aseel

Asal-usul dan Sejarah Singkat Ayam Aseel

Mungkin kamu sedikit kaget saat mengetahui kalau budidaya ayam aseel sudah dimulai 3500 tahun lalu. Ayam jenis ini merupakan ayam yang berasal dari dataran India dan Pakistan.

Jika merujuk pada bahasa Asia Timur, aseel artinya asli dan menurut bahasa Arab artinya murni atau ras. Peternak ayam di India melestarikan unggas ini hingga sekarang.

Seperti halnya India, Pakistan juga dikenal dengan ayam petarung yang agresif. Salah satu jenis ayam aseel dikembangkan di Pakistan, yaitu aseel lasani.

Jenis-jenis Ayam Aseel

Ayam aseel memiliki berbagai jenis yang salah satunya bisa kamu pilih untuk beternak. Ayam aseel memiliki keunggulan teknik yang unik. Tidak hanya itu, ayam ini juga mempunyai kekuatan yang luar biasa dengan agresifitas yang di luar nalar manusia.

Apa saja jenis ayam aseel yang ada di dunia? Berikut adalah uraiannya:

1. Madras Aseel

Jenis ayam aseel yang pertama adalah madras aseel. Jenis ayam aseel satu ini memiliki ciri khas yaitu postur tubuh yang besar dengan struktur tulang yang kuat.

Dalam cerita sejarah, ayam ini merupakan ayam aduan pertama yang masyarakat Tamil bawa ke berbagai negara seperti China dan Thailand. Badannya yang bongsor semakin sempurna dengan ekor yang panjangnya bisa mencapai 60 cm.

Sementara tinggi ayam bisa mencapai hingga 80 cm atau 32 inci. Bulu ayam aseel jenis ini umumnya didominasi oleh warna biru, hitam, hijau, dan merah.

2. Aseel India

Jenis ayam aseel yang kedua adalah aseel India, yaitu ayam yang berasal dari India seperti namanya. Memang benar jika kebanyakan ayam aseel berasal dari negara tersebut, tetapi saat ini sudah banyak ayam aseel dari Malaysia.

3. Aseel Ori

Jika melihat namanya, apakah kamu bisa menyimpulkan kalau jenis ayam aseel satu ini asli breeding? Harga dari jenis ayam ini adalah yang paling mahal diantara jenis ayam aseel lainnya.

Mengapa? Karena merupakan ayam asli, ayam ini tentunya belum banyak mengalami perubahan atau masih asli secara genetik.

4. Aseel Parrot

Ekor yang panjang dan mekar merupakan ciri sekaligus keistimewaan ayam aseel parrot. Bagian paruh seperti burung beo juga menjadikan alasan lain kenapa banyak orang menyukai ayam satu ini sebagai hewan hias di Asia Tenggara.

Untuk bagian bulu, ayam ini memiliki warna yang cukup beragam termasuk merah, gondang, dan putih.

5. Aseel Lasani

Ayam aseel identik dengan negara India? Aseel jenis lassani ternyata dikembangkan di Pakistan. Keunggulan dari ayam satu ini adalah akurasi pukulan yang keras dan akurat.

Bulu berwarna hitam mendominasi ayam meski di bagian leher dan pangkal ekor terdapat warna merah.

6. Aseel Kulang

Jenis ayam aseel yang selanjutnya adalah aseel kulang dengan bobot yang bisa mencapai hingga 7 kg. Tinggi ayam ini tidak kurang dari 75 cm sehingga membuatnya terlihat begitu gagah.

Varietas ayam yang tersebar di bagian utara dan selatan India memiliki karakter yang tidak jauh berbeda. Namun, kamu tetap bisa melihat perbedaan keduanya pada bagian jengger, paruh, bentuk paruh, dan struktur tubuh.

7. Aseel Mianwali

Ayam aseel mianwali adalah ayam yang mempunyai mental pantang menyerah. Jadi, ayam tidak akan mudah kabur saat berlaga. Secara fisik, badan ayam terlihat bulat dengan paruh tebal yang berbentuk kurva. Terdapat sedikit gelambir di bagian bawah kepala.

Ciri dan Karakteristik Ayam Aseel

Ciri dan Karakteristik Ayam Aseel

Seperti apa ciri dan karakteristik ayam aseel? Mengetahui kedua hal tersebut akan membantu kamu terhindar dari salah pilih ayam. Itu artinya, kamu bisa meminimalisir risiko ditipu oleh penjual ayam yang curang.

Berikut adalah beberapa ciri dan karakteristik ayam aseel yang perlu kamu tahu:

  • Postur tubuh besar dan gagah
  • Bobot bisa mencapai hingga 7 kg untuk ayam jantan dewasa dan ayam betina dewasa hingga 6 kg
  • Memiliki wajah merah
  • Warna bulu bervariasi mulai dari merah tua, putih, biru, abu-abu, hingga merah muda
  • Bulu leher menguncir naik ke atas dan sedikit lebat
  • Sayam seperti menonjol dan terlihat menempel ke badan ayam
  • Dada ayam aseel terlihat bidang lurus memanjang
  • Kaki ayam terlihat rapi, mulus, dan besar
  • Memiliki ekor yang panjang dan bisa mencapai tanah

Keunggulan Ayam Aseel

Meski setiap jenis ayam aseel memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi pada umumnya ada beberapa keunggulan ayam aseel, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisa bertarung hingga 2 jam tanpa henti
  • Merupakan ayam tertua di dunia
  • Menjadi pilihan untuk bahan breeding ayam laga
  • Stamina di atas rata-rata ayam pada umumnya
  • Struktur tulang tebal dan keras
  • Pandai menghindar dan tidak mudah menyerah saat berlaga

Harga Ayam Aseel

Setelah berbicara tentang asal usul, karakteristik, ciri fisik, dan kelebihannya, kini kita cari tahu harga ayam aseel untuk setiap jenisnya. Berikut adalah estimasi harga ayam aseel di pasaran:

  • Ayam madras aseel berusia 1-3 bulan bisa mencapai harga hingga Rp 6 jutaan
  • Harga ayam aseel parrot berusia 1 bulan mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 4 jutaan
  • Ayam aseel ori dikenal sebagai jenis yang paling mahal dengan harga hingga Rp 15 jutaan
  • Harga ayam aseel India bisa mencapai Rp 15 jutaan apabila ayam tersebut pernah menang kompetisi aduan
  • Anak ayam aseel dihargai mulai dari Rp 10 ribu per ekor

Sudah Punya si Gagah Berstamina Kuat, Ayam Aseel?

Bagi kamu pecinta ayam hiasan atau petarung, ayam aseel bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Postur tubuh yang tinggi, stamina yang kuat, serta berbagai keunggulan lain akan membuang keraguanmu.

Artinya, kamu akan semakin yakin untuk segera meminang ayam aseel meskipun harus rela merogoh kocek agak dalam karena harganya yang tidak murah.

Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan kamu mengetahui cara memelihara ayam aseel agar ayam tersebut memiliki umur yang panjang.

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *