Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Miliki Jambul Bak Mahkota, Benarkah Ayam Poland Adalah Ayam Terunik?

3 min read

Miliki Jambul Bak Mahkota, Benarkah Ayam Poland Adalah Ayam Terunik?

Sebagai salah satu jenis ayam hias, ternyata ayam poland cukup populer di Indonesia. Bentuk tubuh yang lebih pendek dan kecil dari ayam kampung justru membuat ayam ini terlihat menarik.

Untuk mengenal lebih jauh apa itu ayam poland, ciri, keunggulan, jenis, dan kisaran harganya, mari cari tahu melalui artikel yang kami bagikan ini.

Mengenal Apa itu Ayam Poland?

Awalnya, ayam poland hanya dipelihara oleh orang-orang dengan status sosial tinggi. Namun belakangan ini, ayam jenis ini bisa dimiliki oleh siapapun, terlebih perawatannya tergolong mudah.

Beberapa orang memilih ayam poland sebagai ayam hias baik untuk diikutsertakan dalam kontes maupun untuk diternak di halaman rumah. Ayam asal Eropa ini bertubuh kecil dan pendek bahkan jika kamu bandingkan dengan ayam kampung sekalipun.

Tahukah kamu kalau ayam poland menjadi ayam hias terunik di dunia? Ayam ini memiliki jambul seperti mahkota. Nah, jambul tersebut menjadi ciri khas dan membuat kita bisa mengenali jenis ayam tersebut dengan mudah.

Bulunya yang halus dan bersih bisa kamu dapatkan namun melalui perawatan khusus.

Jenis-jenis Ayam Poland

Jenis-jenis Ayam Poland

Jika masih belum benar-benar yakin untuk memilih ayam poland karena beberapa alasan, mungkin kamu tertarik untuk mengetahui berapa banyak jenis ayam poland yang ada di Indonesia.

Berikut adalah berbagai jenis ayam poland yang mungkin salah satunya cocok kamu jadikan sebagai peliharaan:

1. Ayam Poland Bertanduk

Ayam poland jenis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ayam poland lainnya.

Akan tetapi, kamu bisa melihat sedikit perbedaan pada bagian jengger. Dimana jengger tersebut terlihat seperti tanduk sehingga sering disebut sebagai ayam poland tanduk.

Ternyata, dari segi penampilan pun ayam poland bertanduk tampak lebih indah. Bahkan jengger yang berbentuk tadi justru menjadi keunikan dan ciri khas ayam ini.

Harganya juga lebih mahal dari ayam poland jenis lain seperti ayam poland three colour dan ayam poland galur murni.

2. Ayam Poland Three Colour

Jenis ayam poland selanjutnya yang juga bisa kamu temui di Indonesia adalah ayam poland three colour. Jika dilihat dari namanya, berarti ayam satu ini memiliki tiga warna.

Bulu ayam ini merupakan campuran antara warna hitam dan coklat, abu-abu, putih, kuning, atau lainnya. Justru campuran warna menjadi ciri khas ayam poland three colour.

Jambul ayam juga sangat bervariasi ada yang berwarna kuning, coklat, dan hitam. Semakin banyak saja orang yang menyukai ayam poland tersebut.

3. Ayam Poland Galur Murni

Jenis ayam poland yang lainnya adalah ayam poland galur murni. Yang menarik dari ayam ini adalah bulunya yang hanya terdiri dari satu warna saja baik itu hitam atau abu-abu. Namun jambulnya berwarna putih.

Oleh karena itu, sangat mudah untuk bisa membedakan ayam satu ini dengan jenis lain.

Asal-usul dan Sejarah Singkat Ayam Poland

Meski bernama poland, tetapi jangan salah ya karena ayam tersebut tidak berasal dari Polandia melainkan dari Eropa. Ada juga yang menyebut ayam tersebut dengan sebutan ayam polish, ayam polandia, dan ayam mahkota.

Beberapa sumber mengatakan kalau ayam ini awal mulanya berasal dari Mongolia yang dibawa pedagang ke Eropa Timur. Namun secara resmi ayam poland menjadi ayam dari Belanda, tepatnya pada abad ke-16.

Ayam poland dibawa ke Polandia dan populasinya mulai bertambah di berbagai desa. Kemudian, para bangsawan mulai mendistribusikan ayam tersebut ke Eropa Barat. Belanda, Inggris, dan Jerman melakukan breed standardisasi ayam tersebut.

Ciri dan Karakteristik Ayam Poland

Ciri dan Karakteristik Ayam Poland

Meski sama sekali belum pernah melihat ayam poland secara langsung, kamu bisa mengenali ayam tersebut dari ciri dan karakteristiknya. Namun, jika takut salah mengenali ayam, kamu bisa terlebih dahulu mencari informasi terkait.

Seperti apa ciri-ciri serta karakteristik ayam berjambul bak tanduk ini?

  • Jambul di bagian kepala tampak seperti tanduk
  • Memiliki warna abu-abu, kecoklatan, kehitaman, atau kombinasi
  • Postur tubuh pendek dengan bobot di bawah 2 kg
  • Mata tertutup jambul
  • Bulu halus dan bersih
  • Bagian kelamin ayam jantan maupun betina terlihat menonjol

Keunggulan Ayam Poland

Jika berencana untuk beternak ayam poland, sebenarnya kamu tidak perlu lagi ragu. Mengapa? Ayam poland merupakan jenis ayam yang memiliki berbagai keunggulan, seperti:

  • Budidaya ayam tergolong sederhana dan mudah
  • Pemeliharaan ayam juga mudah sehingga tidak akan menyulitkan peternak atau pemelihara
  • Produksi telur dan daging tergolong tinggi
  • Harga ayam terjangkau meski ada yang mencapai jutaan rupiah untuk ayam dengan kualitas terbaik
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan

Harga Ayam Poland

Pecinta hewan peliharaan termasuk ayam pastinya selalu memiliki alasan kenapa harga bukanlah masalah untuk bisa membawa pulang hewan. Tetapi, apakah kamu sudah tahu kisaran harga ayam poland di pasaran Indonesia? Untuk lebih jelasnya, mari cari tahu bersama!

Ayam Poland Dewasa

Tidak berbeda dari jenis ayam lain, harga ayam poland juga bervariasi. Misalnya untuk ayam dewasa, harganya berkisar Rp. 500 ribu-an per ekor.

Semakin bagus kualitas ayam poland, semakin tinggi pula harganya bahkan bisa mencapai jutaan.

Jadi, saat memutuskan untuk memilih ayam poland berusia dewasa, kamu bisa memperhatikan bulu, kualitas telur yang dihasilkan, dan kontes yang pernah dimenangkan sebagai ayam hias.

Ayam Poland Betina

Untuk ayam poland betina, kamu bisa menyiapkan uang minimal Rp. 450 ribu agar bisa membelinya. Kualitas telur yang bisa ayam tersebut hasilkan akan berpengaruh terhadap harga ayam di pasaran.

Selain itu, jenis indukan juga turut memengaruhi harga ayam satu ini. Nah, alangkah lebih baik jika kamu membawa uang lebih karena bisa jadi harga ayam tersebut lebih mahal dari estimasi yang disampaikan.

Ayam Poland Kapas

Pernah melihat bentuk fisik ayam poland kapas? Jenis ayam poland satu ini memiliki harga yang tergolong mahal dan bisa mencapai jutaan rupiah. Rasanya sangat wajar jika mengingat bulu ayam yang lembut, cantik, dan bersih.

Karena penampilannya tersebut, ayam poland kapas seringkali dijadikan sebagai ayam hias yang mengikuti berbagai perlombaan. Jangan kaget ya kalau harga ayam poland ini mahal.

Anak Ayam Poland

Untuk beternak ayam poland, kira-kira berapa banyak anak ayam yang kamu perlukan? Sebagian orang beranggapan kalau harga anak ayam poland masih terjangkau sedangkan sebagian lain merasa harganya cukup mahal untuk seekor anak ayam.

Untuk bisa mendapatkan satu ekor anak ayam poland, kamu harus puas dengan harga yang umumnya ditawarkan mulai dari Rp. 125 ribu hingga Rp. 150 ribu. Namun usia dan jenis anakan ayam berdampak pada perubahan harga, bisa lebih mahal atau sebaliknya.

Kesimpulan

Dari beberapa poin informasi tentang ayam poland di atas, bisa kita simpulkan kalau ayam poland berasal dari Eropa meskipun banyak yang beranggapan kalau ayam tersebut berasal dari Polandia.

Dengan ciri dan tampilannya yang unik, kamu bisa memilih ayam tersebut sebagai ayam hias. Perawatan yang tepat bisa mempercantik kondisi bulu sehingga bukan tidak mungkin harga ayam tersebut akan semakin tinggi.

Itulah informasi seputar ayam poland, semoga bermanfaat.

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *