Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Ayam Australorp Ras Ayam Petelur yang Produktif

4 min read

Ayam Australorp Ras Ayam Petelur yang Produktif

Ayam Australorp merupakan salah satu ras ayam yang terkenal akan produktivitas tinggi sebagai ayam petelur. Ayam ini berasal dari Australia dan dikenal memiliki bulu yang mengkilap serta postur tubuh yang elegan.

Selain itu, ayam ini juga tergolong mudah dipelihara dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Meskipun memiliki kelebihan, ayam Australorp juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih detail tentang asal usul, sejarah, ciri, karakteristik, kelebihan, kekurangan, serta tips untuk merawat ayam Australorp agar tumbuh dengan optimal.

Mengenal Apa itu Ayam Australorp

Ayam Australorp adalah salah satu ras ayam petelur yang berasal dari Australia. Ayam ini terkenal dengan warna bulunya yang berkilauan dan bertekstur halus, yaitu berwarna hitam mengilap.

Selain itu, ayam ini juga terkenal sebagai ayam petelur yang produktif, dengan kemampuan menghasilkan telur hingga 300 butir per tahun.

Ayam Australorp pertama kali dikembangkan di Australia pada awal abad ke-20, melalui persilangan antara beberapa ras ayam seperti Orpington hitam, Minorca, dan Langshan hitam.

Tujuan dari pengembangbiakan ayam ini adalah untuk menciptakan ayam petelur yang lebih produktif dan tahan terhadap iklim Australia yang ekstrem.

Selain digunakan sebagai budidaya ayam petelur, Ayam Australorp juga sering dipelihara sebagai ayam hias dan ayam pedaging karena ukurannya yang cukup besar dan postur tubuhnya yang elegan.

Asal-usul dan Sejarah Ayam Australorp

Ayam Australorp berasal dari Australia dan pertama kali dikembangkan pada awal abad ke-20. Pada saat itu, ada beberapa ras ayam yang dibawa ke Australia oleh para imigran dari Eropa dan Inggris, termasuk ayam Orpington hitam, Minorca, dan Langshan hitam.

Baca Juga : Keindahan Ayam Poland, Ayam dengan Jambul Bak Mahkota

Pada tahun 1890-an, beberapa peternak di Australia mulai melakukan persilangan antara ketiga ras ayam tersebut untuk menciptakan ayam petelur yang lebih produktif dan tahan terhadap iklim yang ekstrem di Australia. Hasil persilangan ini kemudian diberi nama Black Orpington.

Pada tahun 1920, peternak ayam Australia berhasil menghasilkan ayam petelur yang sangat produktif dan memiliki bulu yang mengkilap, dengan mengambil genetika dari ras ayam Black Orpington dan menambahkan darah ras ayam Rhode Island Red. Ayam hasil persilangan ini kemudian diberi nama Australorp, yang berasal dari kata “Australia” dan “Orpington”.

Baca Juga : Ayam Aseel, Ayam Petarung yang Berstamina Kuat!

Ayam Australorp menjadi sangat populer di Australia dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Pada tahun 1922, ayam ini berhasil memecahkan rekor dunia dengan menghasilkan 364 telur dalam 365 hari, yang kemudian memperkuat reputasi ayam ini sebagai ayam petelur yang sangat produktif.

Saat ini, Ayam Australorp masih banyak dipelihara di seluruh dunia sebagai ayam petelur, ayam hias, dan ayam pedaging.

Ciri dan Karakteristik Ayam Australorp

Berikut adalah beberapa ciri dan karakteristik dari ayam Australorp:

  • Bulu yang mengkilap: Ayam Australorp memiliki bulu yang berwarna hitam mengkilap, dengan bulu yang halus dan lembut.
  • Ukuran tubuh yang besar: Ayam Australorp memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, dengan berat jantan dewasa bisa mencapai 3-4 kg dan betina dewasa bisa mencapai 2,5-3,5 kg.
  • Postur tubuh yang elegan: Ayam Australorp memiliki postur tubuh yang tegak dan elegan, dengan kepala yang kecil dan bentuk tubuh yang proporsional.
  • Produktivitas tinggi: Ayam Australorp terkenal sebagai ayam petelur yang sangat produktif, dengan kemampuan menghasilkan telur hingga 300 butir per tahun.
  • Mudah dipelihara: Ayam Australorp tergolong mudah dipelihara, karena memiliki sifat yang ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Tahan terhadap cuaca ekstrem: Ayam Australorp tahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas dan dingin, sehingga cocok dipelihara di berbagai wilayah dengan iklim yang berbeda.
  • Kecerdasan dan keinginan untuk berkeliaran: Ayam Australorp tergolong cerdas dan memiliki keinginan untuk berkeliaran dan bergerak bebas di area yang luas, sehingga memerlukan ruang yang cukup untuk berkembang dengan baik.
Baca Juga : Mengenal Asal-usul dan Sejarah Ayam Wyandotte yang Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Australorp untuk Ternak

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Australorp untuk Ternak

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari ayam Australorp:

Kelebihan:

  1. Produktivitas tinggi: Ayam Australorp terkenal sebagai ayam petelur yang sangat produktif, dengan kemampuan menghasilkan telur hingga 300 butir per tahun.
  2. Tahan terhadap cuaca ekstrem: Ayam Australorp tahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas dan dingin, sehingga cocok dipelihara di berbagai wilayah dengan iklim yang berbeda.
  3. Bulu yang mengkilap: Ayam Australorp memiliki bulu yang berwarna hitam mengkilap dan halus, sehingga terlihat indah dan menarik sebagai ayam hias.
  4. Mudah dipelihara: Ayam Australorp tergolong mudah dipelihara, karena memiliki sifat yang ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
  5. Kecerdasan dan keinginan untuk berkeliaran: Ayam Australorp tergolong cerdas dan memiliki keinginan untuk berkeliaran dan bergerak bebas di area yang luas.

Kekurangan:

  1. Harga yang relatif mahal: Ayam Australorp tergolong salah satu ras ayam yang harganya cukup mahal dibandingkan dengan ras ayam lainnya.
  2. Ukuran tubuh yang besar: Ukuran tubuh Ayam Australorp yang besar memerlukan ruang yang cukup untuk berkembang, sehingga memerlukan kandang yang lebih luas.
  3. Membutuhkan waktu untuk tumbuh: Ayam Australorp memerlukan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dan mencapai ukuran yang optimal, sehingga memerlukan pengelolaan yang teliti untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  4. Potensi untuk menjadi gemuk: Ayam Australorp memiliki kecenderungan untuk menjadi gemuk jika tidak diberi asupan makanan dan nutrisi yang seimbang, sehingga memerlukan pengelolaan pakan yang tepat.
  5. Rentan terhadap penyakit: Seperti halnya ras ayam lainnya, Ayam Australorp juga rentan terhadap berbagai jenis penyakit ayam, sehingga memerlukan perawatan yang baik dan rutin untuk mencegah terjadinya penyakit pada ayam.

Cara Merawat Ayam Australorp yang Baik

Cara Merawat Ayam Australorp yang Baik

Berikut adalah beberapa tips dalam merawat ayam Australorp yang tepat:

1. Ruangan yang Bersih dan Nyaman

Pastikan ayam Australorp Anda tinggal di kandang yang bersih, kering, dan nyaman. Kandang harus cukup besar untuk menampung semua ayam dan memungkinkan mereka untuk bergerak dan mempertahankan postur tubuh yang baik.

2. Pemberian Makanan yang Tepat

Ayam Australorp perlu makanan yang seimbang dan kaya akan protein untuk meningkatkan produksi telur. Pastikan memberi makan ayam Anda pakan yang sehat dan bernutrisi baik serta sumber air yang selalu tersedia.

3. Kontrol Suhu dan Ventilasi

Ayam Australorp tahan terhadap cuaca ekstrem, namun pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik dan suhu yang sesuai untuk memastikan kesehatan ayam tetap terjaga.

4. Rutin Memeriksa Kesehatan Ayam

Periksa ayam Australorp secara rutin untuk memastikan mereka sehat dan tidak terinfeksi penyakit. Jika Anda melihat tanda-tanda sakit atau ketidaknormalan, segera konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli peternakan.

5. Berikan Waktu Berkeliaran

Ayam Australorp senang berkeliaran, jadi pastikan mereka mendapatkan waktu berkeliaran setiap hari. Hal ini juga membantu ayam tetap sehat dan bersemangat.

6. Jangan Lupa Memberikan Keramahan

Ayam Australorp yang dirawat dengan baik akan menjadi ayam yang ramah dan mudah dijinakkan. Berikan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengan ayam Anda untuk menjalin ikatan yang baik dan memperkuat keterikatan dengan hewan peliharaan Anda.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat memastikan ayam Australorp tumbuh dengan baik dan produktif.

Harga Ayam Australorp

Harga ayam Australorp dapat bervariasi tergantung pada wilayah dan negara di mana Anda tinggal, usia dan jenis kelamin ayam, serta kualitas ayam itu sendiri.

Harga ayam Australorp dewasa berkisar antara $15$50 per ekor di Amerika Serikat. Namun, harga ayam ini bisa lebih tinggi di tempat lain atau jika Anda membeli ayam dari peternak yang terkenal dengan kualitas yang sangat baik.

Harga ayam Australorp bisa lebih mahal jika Anda membeli ayam yang sudah dewasa dan siap untuk bertelur.  Sedangkan untuk harga ayam Australorp anakan berkisar antara $3$15 per ekor tergantung usia dan kualitas ayam.

Namun, sebaiknya Anda selalu mencari informasi harga yang akurat dan terbaru di daerah Anda sebelum memutuskan untuk membeli ayam Australorp.

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *