Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Jenis-jenis Ikan Guppy dan Cara Merawatnya dengan Benar

3 min read

Jenis-jenis Ikan Guppy dan Cara Merawatnya dengan Benar

Ingin memiliki ikan hias yang cantik, mudah dirawat, dan memiliki warna yang menarik? Ikan guppy mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda!

Jenis ikan hias kecil yang ramah dan mudah dijinakkan ini memiliki beragam variasi warna dan pola yang memukau, serta mudah ditemukan di pasaran.

Mari kita kenal lebih dekat jenis-jenis ikan guppy yang ada di Indonesia dan mancanegara, serta keunikan dan ciri-cirinya yang membuatnya begitu diminati oleh para pecinta ikan hias.

Mengenal Apa itu Ikan Guppy?

Mengenal Apa itu Ikan Guppy? Jenis-jenis ikan guppy di indonesia dan mancanegara
source image: faunatis.com

Ikan Guppy (Poecilia reticulata) adalah ikan air tawar yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Ikan ini juga dikenal dengan sebutan “millionfish” atau “rainbowfish“.

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang populer dan mudah dipelihara, sehingga sering dijadikan pilihan bagi pemula yang ingin memelihara ikan di akuarium.

Ikan Guppy memiliki tubuh yang kecil dan ramping, dengan panjang sekitar 3-5 cm untuk betina dan 2-3 cm untuk jantan.

Ikan jantan memiliki warna yang lebih cerah dan memiliki sirip ekor yang lebih besar dan berwarna-warni, sedangkan ikan betina memiliki warna yang lebih pudar dan sirip ekor yang lebih pendek.

Ikan Guppy termasuk dalam golongan ikan ovovivipar, yaitu ikan yang bertelur di dalam tubuh betina dan kemudian menetas di dalam tubuhnya sebelum dikeluarkan sebagai anak ikan yang sudah lengkap.

Setiap kali betina melahirkan, bisa menghasilkan antara 20 hingga 40 ekor anak ikan dalam satu kali kelahiran.

Baca Juga: 13+ Jenis Ikan Cupang Terpopuler di Indonesia & Mancanegara!

Ikan Guppy mudah dipelihara dan toleran terhadap perubahan lingkungan air, sehingga cocok untuk dijadikan ikan hias dalam akuarium.

Mereka dapat dipelihara dalam akuarium berukuran kecil hingga besar, namun sebaiknya ditempatkan dalam akuarium berukuran sedang dengan volume minimal 20 liter.

Ikan Guppy juga bisa hidup dalam kondisi air dengan pH yang bervariasi, berkisar antara 6,5 hingga 8,0 dan suhu air yang berkisar antara 22-28 derajat Celsius.

Dalam memelihara ikan Guppy, diperlukan pemberian makanan yang seimbang, baik berupa makanan alami seperti cacing sutera, kutu air, atau plankton, maupun makanan buatan yang dijual di toko ikan hias.

Ikan Guppy juga membutuhkan perawatan rutin seperti penggantian air secara berkala, membersihkan akuarium dari kotoran, serta memantau kondisi kesehatan ikan secara teratur.

Jenis-jenis Ikan Guppy Tercantik di Indonesia dan Mancanegara

Berikut adalah beberapa jenis ikan guppy di Indonesia dan mancanegara beserta ciri-cirinya:

1. Guppy Endler (Poecilia Wingei)

Guppy Endler berasal dari Venezuela, namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Ciri-ciri fisiknya yaitu memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari Guppy biasa, sirip yang indah dan warna yang cerah.

Guppy Endler juga memiliki variasi warna yang lebih beragam dibandingkan dengan Guppy biasa.

2. Guppy Cobra (Poecilia Reticulata)

Guppy Cobra memiliki warna dasar hitam atau gelap dengan pola corak berbentuk garis-garis yang mirip dengan kulit ular cobra.

Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Ciri-ciri fisiknya yaitu memiliki ekor yang panjang dan bentuk tubuh yang ramping.

3. Guppy Moscow (Poecilia Reticulata)

Guppy Moscow berasal dari Rusia dan dikenal dengan warna dasar hitam dan ekor berwarna putih.

Ciri-ciri fisiknya yaitu memiliki ukuran tubuh yang kecil, sirip yang panjang dan warna yang kontras antara hitam dan putih.

4. Guppy Grass (Poecilia Reticulata)

Guppy Grass memiliki warna dasar hijau dengan sirip yang berwarna merah dan biru.

Ikan ini berasal dari Australia dan sering dipilih oleh pecinta ikan hias karena keindahan warnanya.

Ciri-ciri fisiknya yaitu memiliki ukuran tubuh yang kecil dan bentuk tubuh yang ramping.

5. Guppy Dragon (Poecilia Reticulata)

Guppy Dragon memiliki warna dasar biru dengan bintik-bintik putih seperti naga yang membentang di sepanjang tubuhnya.

Ikan ini berasal dari Taiwan dan memiliki warna yang sangat menarik.

Ciri-ciri fisiknya yaitu memiliki ekor yang panjang dan bentuk tubuh yang ramping.

6. Guppy Full Platinum (Poecilia Reticulata)

Guppy Full Platinum memiliki warna dasar putih dengan tubuh yang diselimuti oleh serbuk perak atau platinum.

Ikan ini berasal dari Singapura dan sering dipilih sebagai ikan hias karena keindahan warnanya.

Ciri-ciri fisiknya yaitu memiliki ukuran tubuh yang kecil dan bentuk tubuh yang ramping.

7. Guppy Mosaic (Poecilia Reticulata)

Guppy Mosaic memiliki warna dasar putih dengan corak berwarna merah atau oranye yang membentuk motif yang mirip dengan mozaik.

Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Ciri-ciri fisiknya yaitu memiliki ukuran tubuh yang kecil dan bentuk tubuh yang ramping.

Setiap jenis ikan guppy memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda-beda, sehingga dapat dipilih sesuai dengan selera dan keinginan pemiliknya.

Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis ikan memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda-beda pula, sehingga sebaiknya pemiliknya memahami kebutuhan dan cara merawat setiap jenis ikan guppy yang dipelihara.

Cara Merawat Ikan Guppy yang Baik

Cara Merawat Ikan Guppy yang Baik
source image: muatartikel.com

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan guppy:

1. Kualitas Air

Kualitas air sangat penting bagi kesehatan ikan guppy. Air yang tidak bersih dan tercemar dapat menyebabkan infeksi dan penyakit pada ikan.

Sebaiknya gunakan air yang sudah diolah atau bersih dari kran dan pastikan kondisi air dalam akuarium selalu terjaga.

2. Suhu Air

Setiap jenis ikan memiliki suhu air yang ideal. Suhu air yang tidak sesuai dapat menyebabkan stres pada ikan dan mempengaruhi kesehatannya.

Untuk ikan guppy, suhu air yang ideal adalah antara 24-28 derajat Celsius.

3. Pemberian Makanan

Pemberian makanan yang tepat sangat penting bagi kesehatan ikan guppy. Sebaiknya berikan makanan yang seimbang antara protein, karbohidrat, dan vitamin.

Jangan terlalu banyak memberi makanan karena dapat menyebabkan keracunan makanan dan merusak kualitas air.

4. Perawatan Akuarium

Bersihkan akuarium secara teratur dan pastikan filter dan alat pembersih lainnya dalam kondisi baik.

Jangan terlalu sering mengganti air karena dapat mempengaruhi keseimbangan biologis dalam akuarium.

5. Perhatikan Kondisi Ikan

Perhatikan kondisi fisik ikan guppy setiap harinya. Jika terlihat ada tanda-tanda sakit atau tidak aktif, segera pisahkan dari ikan lain dan konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli ikan hias.

Harga Ikan Guppy

Harga ikan guppy bisa bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan warnanya. Harga ikan guppy biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan ikan hias yang lainnya.

Namun, harga tersebut tetap dapat berbeda-beda antara satu penjual dan yang lainnya.

Di Indonesia, harga ikan guppy berkisar antara Rp. 5000 hingga Rp. 50.000 per ekor tergantung pada jenisnya dan kualitasnya.

Sementara di luar negeri, harga ikan guppy juga bervariasi tergantung pada negara dan pasarnya.

Sebagai referensi, di Amerika Serikat, harga ikan guppy berkisar antara $1 hingga $10 per ekor, tergantung pada jenis, ukuran, dan warnanya. Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa jenis ikan guppy di Indonesia dan mancanegara beserta ciri-cirinya dan hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan guppy. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pecinta ikan hias.

Tumbuh Subur Indonesia Tumbuh bersama wirausaha muda Indonesia di sektor industri pertanian & peternakan #BelajarBersamaTumbuhBersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *